Memilih Kado Ulang Tahun Untuk Sahabat Laki-laki

Momen ulang tahun adalah salah satu momen yang sangat spesial dalam hidup, baik untuk diri sendiri, orang tua, saudara, maupun sahabat. Meski spesial, kadang saya masih saja melewatkan momen tersebut. Bukan…. bukan karena lupa tanggalnya, tetapi lebih kepada terlewat hari H-nya. Tahu-tahu sudah lusanya, seminggu setelahnya, bahkan kadang sampai bulan berikutnya. Payah, ya?  

Dulu, waktu masih berstatus anak kos SINBRAW (SINBRAW = nama kos-kosan kesayangan), banyak teman yang selalu mengingatkan saya kalau ada teman lain yang berulang tahun. Bahkan sering kali sudah diinfokan sejak sebulan sebelum hari H. Tujuannya, supaya kami bisa merencanakan pesta kecil-kecilan, sekaligus menyiapkan kado bersama untuk sang teman.

Memilih kado adalah hal yang gampang-gampang susah.

Seharusnya urusan memilih kado adalah hal yang mudah. Tetapi pada kenyataannya, seringkali kita mengalami kesulitan saat memilih kado buat teman.

Dulu, urusan memilih kado adalah urusan yang sangat mudah, karena banyak teman yang bisa diajak berbagi ide, dan yang paling penting bisa bergotong royong membeli kadonya. Apalagi jika yang berulang tahun adalah teman Sinbraw. Keseruan mempersiapkan perayaan ulang tahun bisa jadi lebih seru ketimbang survey perencanaan kota, tugas dari kampus kesayangan.

Yang lebih menyenangkan dari perayaan ini adalah saat sang teman yang berulang tahun bahagia menerima kado dari kami, dan ternyata dia juga sangat menyukainya – walau kami juga tidak tahu pasti, apakah dia benar-benar suka atau cuma untuk sekedar menyenangkan kami yang sudah bersusah payah ini.

Ketika saya berulang tahun pun begitu. Teman-teman Sinbraw sibuk mempersiapkan “pesta” dan kado entah dari beberapa hari sebelum hari H. Saya menyukai semua hadiah ulang tahun yang pernah diberikan oleh teman-teman SINBRAW, karena mereka sangat tahu apa yang saya inginkan dan juga butuhkan. #AnaknyaNrimoIngPandum

Sayangnya, selepas lulus kuliah, keadaan tidak sama lagi. Saya jadi sering melewatkan hari ulang tahun. Jangankan ulang tahun orang lain, ulang tahun diri sendiri saja kadang terlupa. Kalau pun ingat, itu juga karena ada teman dan sahabat yang berbaik hati dan menyempatkan waktunya untuk mengirimkan ucapan selamat ulang tahun, walaupun semakin ke sini jumlahnya semakin berkurang.

Kembali lagi ke soal memilih kado untuk teman. Salah satu hal yang membuat susah dalam memilih kado adalah kepada siapa kado itu akan diberikan. Dalam memilih kado, tentunya ingin kado ini disukai oleh yang berulang tahun dan bisa bermanfaat untuk dia.

Namun, kadang kita dihadapkan pada perkara bingung menentukan pilihan. Memilih kado ulang tahun untuk orang tua, saudara, atau teman wanita relatif mudah, tetapi hal ini akan menjadi sulit saat yang akan diberikan kado itu laki-laki.

Kalau laki-laki ini punya hubungan istimewa dengan kita (seperti pacar atau suami, misalnya), tentu kita punya gambaran kado seperti apa yang diinginkannya. Tapi, kalau hubungannya hanya sebatas teman? Masa iya harus dijadiin pacar atau suami dulu untuk tahu apa yang mereka mau? #EgimanaTadi😆

Belum lagi bicara jenis barang yang ingin kita hadiahkan. Kalau kado yang dipilih mengandung unsur romantisme (seperti: parfum, coklat, jam tangan, baju, atau tiket nonton berdua), takutnya dikira modus dan kode. Kalau kadonya adalah sesuatu yang sederhana, khawatir dia tidak suka. Tapi, kalau kadonya terlalu mahal, dompet saya yang enggak sanggup. #Duh!

Jadi gini…

Sebulan lagi teman laki-laki yang sudah saya anggap sahabat akan berulang tahun. Kalau diingat-ingat, sih, belum pernah saya mempersiapkan kado khusus untuk ulang tahunnya. Tahun ini, rencananya, saya ingin menyiapkan sesuatu untuk dia. Yang agak spesial. Bertahun-tahun bersahabat dengannya, menghabiskan banyak waktu berbincang, bergosip, becanda, bertengkar, lalu berbaikan, membuat saya jadi tahu lebih banyak tentangnya. Tahu apa saja hal-hal yang dia suka dan tidak suka.

Sahabat saya yang juga seorang blogger ini sangat suka melakukan riset, membaca buku, tertarik dengan hal-hal berbau sejarah, dan jago fotografi. O… iya, kadang-kadang dia suka juga dengan sesuatu hal yang berbau aneh-aneh, lho.

Kalau merujuk pada hal-hal yang sesuai dengan minatnya dan sekiranya memiliki nilai manfaat, sepertinya saya sudah punya gambaran. Tapi, kalau dipikir-pikir lagi, tanpa saya pun dia pasti bisa mencari dan memiliki barang-barang ini.

Karena itu, sejak bulan lalu saya mengumpulkan daftar barang apa saja yang bisa dijadikan bahan pertimbangan. Kado kali ini harus istimewa.  Saya ingin sesuatu yang benar-benar berbeda. Setidaknya harus ada unsur “usaha lebih” untuk bisa mendapatkan barang ini. Berhubung tempat tinggal kami beda kota, perkara bagaimana kado ini bisa sampai ke tangannya pun tentu harus dipikirkan.

Dan alternatif-alternatif kado itu adalah…

  • KALENDER ASLI TAHUN KELAHIRAN

Asli! Alternatif pertama ini sepertinya sangat susah diwujudkan. Walaupun semacam mission impossible, sejujurnya pilihan ini cukup menarik. Masalahnya adalah, kalau buku-buku lawas populer saja sudah sulit dicari, apalagi kalender jaman 35 tahun yang lalu? Memang, ada “usaha lebih” untuk mencarinya, tapi setelah dipikir-pikir, ya tidak ada salahnya dicoba.😆

*lalu buka-buka marketplace barang bekas Indonesia*

Eh, ternyata ada yang jual!

5896606_1_644x461_kalender-jadul-tahun-1981-purbalingga-kab
Sumber: marketplace asli Indonesia
  • FOTO KLASIK + KLISE

Sahabat saya ini suka mengoleksi foto, terutama yang berbau sejarah. Sering kali dia menulis artikel bertema sejarah lengkap dengan hasil risetnya. Salah satu artikelnya yang sangat saya suka adalah Noordwachter, Sang Penjaga Tua Dari Pulau Utara yang Tak Terpetakan.

Hal inilah yang membuat saya terpikir untuk berburu foto-foto klasik + klise originalnya, yang sekiranya bisa dijadikan bahan pelengkap untuk postingan blog dia berikutnya. Atau, bisa juga foto klasik ini dicetak ukuran besar, dipigura, lalu dipajang di dinding rumahnya, seperti foto Ka’bah dilanda banjir tahun 1941.

1505350_680715715293321_728819982_n
Sumber: FB Koleksi Gambar Klasik Nusantara

 

  • Intelegensi Embun Pagi

Setahu saya, dia ini penggemar buku-bukunya Dewi Lestari.  Serial Supernova diikutinya sejak awal sampai sekarang. Tapi tentunya koleksi serial ini belum lengkap tanpa Intelegensi Embun Pagi. Kayaknya, sih, buku terbaru Dee ini belum ada di rak bukunya #SokTahu #Pura2NgintipDalamKamar #SemogaBelumPunya

Saya kok jadi kepikiran kalau opsi berikutnya adalah buku ini, ya?

Kalau ada yang bertanya, “Lho?! Buku kan hal yang umum dan biasa-biasa aja?”

Boleh jadi buku ini termasuk hal yang biasa-biasa saja. Tapi, kalau saya bisa memperolehnya (atau memenangkannya) lewat jalur kompetisi dan bukan lewat jalan membeli, tentu akan jadi kado yang tidak biasa, kan? Apalagi saya juga membuat satu postingan khusus soal rencana untuk ulang tahunnya.😆

DEWI-LESTARI-INTELEGENSI-EMBUN-PAGI (7)
Sumber : Gogirlmagz.com
  • Stopmotion

Dia tahu, saya ini payah kalau soal potret memotret dan tidak jago membuat/mengedit video. Jadi saya ingin membuat ucapan ulang tahun dalam bentuk video stopmotion, yang diunggah ke youtube, karena saya pengin mengucapkan selamat ulang tahun kali ini dengan cara yang berbeda.

Video stopmotion untuk Johnny Depp ini boleh juga buat dijadiin sumber inspirasi #halah

Saya berharapnya bisa mempersembahkan (ciyeee bahasanyaaaa, mempersembahkan!) keempat hal ini untuk sahabat baik saya di ulang tahunnya nanti. Tapi jika tidak bisa, setidaknya ada 2 dari 4 pilihan di atas yang bisa saya jadikan kado untuknya.

***

Postingan ini diikutsertakan dalam giveaway Dani Rachmat di blognya yang ngehits itu. Bagi yang mau ikutan, masih ada waktu sampai tanggal 5 April 2016, loh *kedip2*

12 thoughts on “Memilih Kado Ulang Tahun Untuk Sahabat Laki-laki

  1. Oh My! Surprise banget sama kado yang kalender asli tahun kelahiran deh Mbak Dian. Aslik. Trus lihat stop motionnya jadi kebayang susahnya bikinnya. Hahaha.😀
    Makasih ya Mbak😀

    1. Dan iseng semalam pun berujung takjub. Hhahahhahaa

      Ga nyangka aja ternyata ada yang jualan kalender asli tahun lawas. Di rumahku aja kalender tahun lalu sudah wassalam

  2. Ohh jadi mbak D belain mikir berat cari kado buat temen atau “temen” yang usianya akan menginjak 35 tahun nih? Eh tp tumben banget lo mbak D update blog… jd pingin tuku nomer tanggal updatemu, sopo ngerti wae bejo iso menang togel😀

    1. Hahahhahhahaa….
      Pas nulis postingan ini, aku langsung inget pesenmu Lim => terserah deh mau apdet apaan, yang penting blognya enggak sawangen😆

      Tukuen nomor 44 Lim. Iki apdet e tanggal 4 bulan 4 loh

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s