Mewaspadai Trigger Thumb

Nikmat sehat itu terkadang melenakan, ya? Terbiasa dengan kondisi fisik yang sehat, membuat kita menjadi biasa saja dalam memperlakukan tubuh sendiri (eh, itu saya sih! #SelfToyor). Saking terbiasa merasa biasa, akhirnya jadi abai untuk berolah raga (iya, itu saya). Sampai akhirnya, semingguan ini saya mengalami jempol tangan kanan kaku. 

Awalnya, saya sering merasa jempol mudah pegal saat melakukan sesuatu. Mengetik pesan, misalnya. Lama kelamaan rasa pegal ini meningkat menjadi rasa sakit di persendian. Sampai di sini, saya masih santai saja. Semprot-semprotin param dan berharap rasa pegal dan linu-linu di jempol menghilang. Tapi, bukannya berkurang rasa sakitnya, kondisi jempol justru semakin memprihatinkan.

Akhirnya, saya memutuskan untuk mengurangi aktivitas yang melibatkan si jempol. Ternyata repot, ya?! Cuma jempol yang sakit, tapi banyak aktivitas yang jadi terganggu. Hal ini wajar, karena ternyata si ibu jari alias jempol ini memegang peranan sebesar 60% dari fungsi tangan manusia.

Penasaran, saya pun gugling sana sini, dan ketemulah blog Gie yang membahas soal Trigger FInger. Setelah dibaca-baca, tahulah saya kenapa bisa mengalami hal ini. Ternyata saya mengalami apa yang disebut dengan Trigger Thumb.

Sekarang ini, aktifitas online di gadget mobile lebih banyak memperkerjakan jempol. Bila jempol terlalu sering digunakan untuk SMS-an, BBM-an, dan aktifitas mobile online lainnya di ponsel, maka jempol rentan dengan gejala jempol kaku yang biasa disebut trigger thumb.

Kalau diingat-ingat lagi, memang masuk akal sih penjelasan Gie ini, soalnya saat menggunakan ponsel, gerak ibu jari jadi terbatas, dan itu berlangsung dalam waktu cukup lama. Kalau di kondisi saya, keasyikan main game membuat saya betah memegang ponsel berlama-lama, dan itu terjadi berhari, sampai akhirnya kena Trigger Thumb ini😦

Tidak ingin kondisi semakin parah, saya mencoba mencari beberapa terapi yang bisa dilakukan sendiri untuk mengatasi Trigger thumb sebelum akhirnya ke dokter. Ada beberapa senam jari ringan yang bisa dilakukan untuk mengurangi/menghindari kemungkinan terkena Trigger Thumb. (Bisa dilihat di video berikut)

Oiya, kemarin saya sempat pijat syaraf untuk “membetulkan” syaraf-syaraf jempol yang error, dan sama bapak yang pijat, saya disuruh sering-sering latihan menggerakkan jempol. Jadilah video di atas dijadikan rujukan gerakan.

Selain rutin senam jari, saya juga rutin mengoleskan krim buat otot dan juga koyo super panas. Entah mana yang paling berperan membantu penyembuhan, tetapi setelah 2 hari, kondisi jempol kanan jauh lebih baik dan sudah mulai bisa beraktivitas seperti biasa : memasak, menyapu, mencuci, nyetir motor, dll.

Sekarang, saya masih rutin mengoleskan krim sambil memijat-mijat ringan ibu jari. Dan untuk mengurangi kemungkinan terkena Trigger Finger atau Trigger Thumb lagi, saya coba sering-sering senam jari tangan kanan – kiri  a la dr. Levi Harrison tadi.

Alhamdulillah ya masih dikasih sakit sama Gusti Allah. Gara-gara kejadian ini, saya jadi tahu kalau jari-jari pun butuh diajak berolah raga dan sekali-kali diistirahatkan. Kalau enggak begini, saya mana mau cari tahu soal bagaimana merawat jari-jari tangan, padahal jari tangan ini kan penting #SelfToyor

Ada yang pernah mengalami Trigger Thumb juga, ga?

trigger thumb

42 thoughts on “Mewaspadai Trigger Thumb

    1. AKu baru kali ini ngalami mbak. Awalnya dicuekin, tapi lama2 makin mengganggu, sampai2 ga bisa dipake buat nyetir motor. Akhirnya langsung pijat dan tempelin koyo X_X

      1. Iya mbak. Sblom fisioterapi udah sakit skitar 1,5 bln. Tp krn msh di Sydney n fisioterapi mahal dsana, jd nunggu mudik dl

      2. Ya ampun Memtyk, ga kebayang itu 1,5 bulan rasanya kayak gimana😦
        Kemarin kena trigger thumb gara2 apa?
        Pas aku pijet kemarin, bapaknya sampai nanya berkali2 apa aku pernah jatuh, keceluk, atau gimana, kok bisa jempol kaku. Pas kubilang gara2 terlalu sering pegang HP, bapaknya kaget. Kayaknya ini kasus pertama beliau soal beginian

  1. aku.aku.aku.. aku pernah! tapi masih stadium awal (lha kok koyok kanker!:p ) Gara-gara kebanyakan balas koment FB sama main game, jadinya jempor terasa nyeri dan kaku. setelah itu aku erhenti FBan dan main game, malahan Aun Fb group aku hapus.🙂 alhamdulillah setelah tu membaik.😀

    1. *Guyurin kopi pait panas*

      Hheeeehh!!!!! maksudnya si bapak itu, disuruh latihan gerak2in jempol memutar ngikuti suara musik dangdut sambil goyang2 #Eh #Dislentik

  2. Wah gawat juga ya mbak. *langsung taruh hape gak sentuh dulu*
    Jadi inget dulu pas kuliah sering main playstation sampai jempol ini kaku gara-gara mainin joysticknya. Ini juga masuk gak ya Mbak?

    Moga lekas sembuh ya mbak.

    1. Kayaknya termasuk Uan, tapi kategori yg masih ringan. Jempolku sudah mendekati pulih, cuma belum bisa dipake buat angkat yang berat2.

      Eh Ryan, aku kok ga bisa komen di postinganmu, ya? Sudah direload beberapa kali tadi *cek koneksi*

      1. Nah, itu dia. Padahal tadi sudah ada 3 orang yg berhasil komen di sana. Apa gara2 koneksiku, ya? Skrinsyutnya kukirim via twiter aja ya Yan *pindah lapak*

  3. Salam kenal semuanya,sy jg kena trigger thumb hampir 1 th ga sembuh2,sdh cape fisioteraphy Dan cape minum obat jg,,yg kena jempol kiri Dan kanan malahan,,alhamdulillah skrg yg kiri mulai normalbtinggsl sedikit nyeri di pangkal IBU jari ,mudah2an yg kanan bisa pulih juga,oh ya sy minum herbal yg fish oilnya 500mg.
    BTW …thx ya videonya..

  4. Wah…saya pernah tuh trigger thumb, rasanya….jgn ditannya dech…sakitnya sampe ke ulu ati, sampe trauma klo bangun tidur, nyaris pula dioperasi.
    Alhamdulillah setelah coba konsumsi nutrisi S.Lutena…hanya sepekan akhirnya sembuh sampai sekarang.
    Kalo teman ingin ikhtiar dgn S.Lutena
    monggo….ini pin BB sy 7D1A6EEB /WA
    081807487095

    1. Hahahahhahahasyeeekkk, Om Cumi nyemepet2in mampir di sini …

      Ayoklah Om CUm dtlateni senam jari mulai sekarang, biar tangan juga merasa disayang😆

Leave a Reply

