Mengenal @Makanhalalbogor

Ketika berkunjung ke suatu daerah, tidak lengkap rasanya kalau tidak sekalian mencicipi kuliner yang ada di sana, apalagi jika di daerah tersebut memiliki kuliner khas yang tidak ada di tempat kita tinggal. Biasanya, saya selalu meminta referensi  dari teman yang pernah atau tinggal di daerah tesebut soal makan apa, dimana, dan sama siapa naik apa ke sananya.

Salah satu daerah yang pengin saya kunjungi dan coba kulinernya adalah Bogor. Terakhir kali saya ke Bogor tahun 2007. Lama banget, ya? Dulu, pas ke Bogor, setiap ditanya mau makan apa, pasti saya manut saja, soalnya ngga tahu mana – mana. Kalau sekarang mau ke sana lagi, kayaknya bakal kebingungan milih, gara-gara saking banyaknya makanan yang saya pengin icip di Bogor.

Walaupun lama ngga ke Bogor, tapi gara-gara sering  baca ulasannya di blog dan instagram, saya jadi tahu lebih banyak soal kuliner-kuliner asyik di Bogor. Omong-omong soal Instagram, ada satu akun yang saya favoritkan. Pendirinya memberi nama @makanhalalbogor, karena memang tujuannya mengenalkan makanan-makanan halal yang ada di Kota Bogor.

IMG-20150511-WA0012

@Makanhalalbogor didirikan untuk menjawab persoalan “makan apa?  Dimana? suasananya bagaimana?, dan berapa harganya?”. Akun yang didirikan sejak tanggal  14 Desember 2014 ini memang rajin sekali membahas lokasi – lokasi dan menu makanan yang asyik di Bogor. Hampir semua foto makanan di @makanhalalbogor sedap dipandang. Saya yang cuma ngelihat fotonya bisa ikut mak cleguk, pengin ngicip juga.

Screenshot_2015-05-14-22-52-17

Iseng kemarin saya bertanya pada mimin @makanhalalbogor, apakah mereka pernah kehabisan referensi tempat/menu makanan yang pengin diliput, apalagi lingkup lokasi kan khusus daerah Bogor? Katanya, sampai saat ini mereka belum pernah “buntu” ide, karena sekarang tempat makan yang ada di Bogor cukup variatif. Selain itu, ada banyak teman lain yang membantu memposting foto-foto makanan dan di tag ke @makanhalalbogor.

oncom
Ternyata yang dibahas ga cuma makanan resto/kafe, tetpi juga makanan pinggir jalan. Kece ya fotonya😀

Mengangkat tema khusus (makanan), pastilah ada saja tantangan yang dihadapi oleh @makanhalalbogor. Menurut miminnya, tantangan yang sebenarnya adalah memastikan bahwa makanannya halal. Untuk itu, biasanya mereka berbincang dengan pemilik tempat makan dan melakukan visit dapur. Syukurlah sampai saat ini @makanhalalbogor belum pernah ditolak untuk visit dapur.

Buat @makanhalalbogor, semangatnya adalah maju bareng. Pernah berada di posisi pelaku bisnis, dan nanti ingin melakukannya lagi, yang kami pegang adalah prinsip “kalo kita memudahkan jalan untuk orang lain, Insya Allah jalan untuk kita pun akan dimudahkan”.

Untuk menjaga indepensi, sampai saat ini @makanhalalbogor tidak pernah menarik biaya, tetapi kebanyakan vendor (resto, kafe, dan produsen) makanan juga tidak menarik biaya dari @makanhalalbogor. Bahkan, belakangan ini mulai banyak produsen makanan atau toko makanan yang sering mengundang @makanhalalbogor buat icip, kirim sampel dan lain lain.

Walaupun masih berusia seumur jagung, namun @makanhalalbogor mendapat respon yang cukup baik dari instagramer, khususnya di daerah Bogor. Selain follower di instagram, @makanhalalbogor juga berhasil mendapat kepercayaan dan tawaran kerjasama dari pihak sponsor.

Screenshot_2015-05-14-22-51-54-1

Terbukti, mereka pernah bekerjasama dengan salah satu aplikasi smartphone untuk pesan dan booking makanan,  memperoleh undangan dari beberapa vendor untuk melakukan liputan, mengadakan kuis #YukSini, dan tanggal 28 – 31 Mei 2015 nanti mereka juga terlibat di Festival Kuliner Bogor.  Keren, yaaaa😀

Psssttttt … Yang tinggal di daerah Bogor atau ada rencana meluncur ke Bogor akhir bulan nanti, kayaknya asyik juga datang ke acara Bogor Expo 2015. Selain bakal ada Festival Kuliner Bogor, lomba seni, bazaar, ada juga lomba foto makanan. Lumayan, hadiahnya smartphone dan voucher makan, dari sponsor dan @makanhalalbogor.

IMG-20150511-WA0010

Hix! Pengin deh dateng ke acara itu dan ngicip-icip makanannya, tapi kok Tuban – Bogor jauhnya lumayan juga, ya L Walaupun kata pak ustad Ulez,” jauh itu kan hanya a state of mind”, tapi tetap saja butuh belasan jam perjalanan darat buat sampai ke Bogor. *tiba-tiba galau*

 

15 thoughts on “Mengenal @Makanhalalbogor

  1. wah baru tau akun ituuu.. mayan buat referensi.. aku org bogor tp sering kebingungan makan apa yah di bogor! makasih yah infonya

  2. Alhamdulillah saya pernah tinggal 3,5 tahun di Bogor, sebagian makan itu sudah saya cicipi.
    Menikmati kuliner Bogor sore atau malam hari makin makyus karena didukung udaranya yang lumayan sejuk.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s