Merencanakan Liburan Keluarga ke Hong Kong

Berwisata bersama keluarga biasanya menjadi agenda utama pengisi waktu liburan, khususnya liburan sekolah dan hari raya. Mengajak anggota keluarga untuk berwisata tentunya memerlukan persiapan matang, karena setiap anggota keluarga memiliki kebutuhan yang berbeda, khususnya anak – anak.

Salah satu destinasi wisata favorit keluarga Indonesia adalah Hong Kong. Negara yang merupakan kawasan administrasi khusus (Special Administratif Region) Republik Rakyat China ini, menawarkan berbagai atraksi wisata yang bisa dinikmati oleh wisatawan dari segala usia, mulai anak – anak sampai dewasa. Lokasi strategis, biaya liburan terjangkau, harga barang branded yang jauh lebih murah, serta adanya pilihan wisata yang beragam menempatkan Hongkong pada posisi ketiga destinasi wisata favorit keluarga Indonesia, setelah Malaysia dan Singapura.

Hongkong selalu punya alasan untuk dikunjungi sepanjang tahun. Memiliki iklim sub-tropis dengan empat musim, perbedaan cuaca Hong Kong dengan Indonesia tidak terlalu ekstrem, kecuali saat dilanda angin Thypoon.

Waktu terbaik untuk berlibur ke sana adalah saat musim gugur, sekitar bulan September – November. Musim ini menjadi “the best month to visit Hong Kong”, karena di musim gugur Hong Kong memiliki suhu yang nyaman, yaitu sekitar 19 – 280C. (Halaman 5)

Untuk berkunjung ke Hong Kong, wisatawan tidak memerlukan visa turis, karena visa ini akan otomatis diberikan saat melewati bagian imigrasi di bandara Hong Kong. Berbeda dengan negara lain, petugas tidak akan memberikan stempel di paspor, namun hanya akan menyelipkan satu kertas kecil yang merupakan visa turis ke dalam paspor. (Halaman 13)

Saat merencanakan liburan ke Hongkong bersama keluarga, ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan. Salah satunya adalah akomodasi, mengingat ada beberapa hostel yang mengeluarkan kebijakan pembatasan jumlah anak yang boleh dibawa menginap. (Halaman 25) Karena itu, keberadaan beberapa situs pencarian hotel sangat membantu wisatawan untuk mengetahui hotel policy atau children policy.

Hal lain yang perlu direncanakan adalah destinasi wisata. Umumnya, keluarga Indonesia yang berlibur ke Hong Kong akan mengunjungi dua theme park, yaitu Hong Kong Disneyland dan Ocean Park. Selain dua theme park ini, Hong Kong masih memiliki beragam destinasi wisata lain, baik berbayar maupun yang bisa diakses secara gratis.

Hong Kong is the place for everyone. Hong Kong tidak hanya menawarkan hiburan untuk anak – anak, tetapi juga berbagai pilihan wisata untuk orang dewasa, seperti wisata belanja dan kuliner.

Salah satu daya tarik wisata belanja di Hong Kong adalah street market yang terdapat di berbagai wilayah, seperti Kowloon, Yau Ma Tei, Central, dan Hong Kong Island. (Halaman 167 – 172). Tidak heran jika Hong Kong mendapat julukan sebagai surga belanja.

Untuk wisata kuliner, di Hong Kong agak susah menemukan kuliner yang memiliki label halal. Bagi keluarga muslim yang ingin berwisata ke Hong Kong, disarankan memilih hotel yang tidak jauh dari Islamic Center, supaya lebih mudah menemukan makanan halal. Sedangkan untuk kuliner non halal, pilihan yang ada di Hong Kong lebih variatif dan mudah ditemui.

Didukung sistem transportasi yang sudah terintegrasi dengan baik, destinasi – destinasi wisata yang tersebar di Hong Kong relatif mudah dijangkau. Ada berbagai moda transportasi yang bisa dipilih, mulai dari Airport Express Train, Airport Express Travel Pass, Airport Bus, taksi, Mass Rapid Railway (MTR), feri, dan tram. Untuk memudahkan pembayaran moda transportasi, Hong Kong menyediakan kartu Octopus yang bisa dibeli di bandara, MTR station, maupun convenience store.

Melalui buku Family Backpacking Hong Kong, Tesya dan Deasy ingin membantu keluarga Indonesia merencanakan liburan keluarga ke Hong Kong. Di dalamnya tidak hanya berisi informasi mengenai tempat wisata, tapi juga rekomendasi pemilihan penginapan, perkiraan biaya, tip as a local, dan juga contoh itinerary. Selain itu, ada juga selipan – selipan informasi yang berisi pengalaman pribadi penulis selama mengajak keluarga berwisata ke sana. Buku Family Backpacking Hong Kong layak dijadikan acuan saat ingin merencanakan liburan secara mandiri bersama keluarga ke Hong Kong.

 

Family Backpacking Hog Kong

Judul                    : Family Backpacking Hong Kong

Penulis                 : Deasy Herlangga & @Tesyablog

Penerbit               : PT Elex Media Komputindo

Cetakan Pertama         : Februari, 2015

Tebal                    : 202 halaman

ISBN                   : 978–602–02–5803–4

 

 

18 thoughts on “Merencanakan Liburan Keluarga ke Hong Kong

  1. Makasih informasinya ya Mbak Dian. Pas bener, selama ini gak pernah memasukkan HongKong ke destinasi karena ngeri di sananya gimana. Hihihi.

  2. Makasih resensinya, Mbak..😀

    Aku selama ini belom pernah ke Hongkong. Tapi selalu ngiler kalok denger cerita temen yang uda pernah ke sana. Pengen banget ke Disneyland.😛

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s