Practice Makes Perfect

Penghujung tahun 90-an, saya masih duduk di kelas 1 SMA (Duh! Ketahuan umurnya),  Saya termasuk kategori murid yang biasa saja. Biasa remidi kalau nilai tugas/ujian jelek, dan biasa menertawakan diri sendiri gara-gara baru ingat rumus setelah ujian selesai.

Pernah suatu kali, saya sangat bermasalah dengan pelajaran kesenian. Pak guru memberi kami tugas menggambar bangun geometri 7 sudut sama sisi (BG7SS), lengkap dengan batik isiannya. Saat  itu, nilai menggambar BG7SS saya parah sekali sampai harus mengikuti 3 kali remidi, sebelum dinyatakan lolos untuk mengikuti ujian cawu III. 

Panik? Tidak sempat, hehehhheee 😀

Saya terlalu sibuk gemetar membayangkan bagaimana nasib saat  mengikuti ujian kesenian, yang mana, soal ujiannya memang disuruh menggambar BG7SS ini. Setiap hari saya berlatih menggambar. Entah sudah berapa lembar kertas dan berapa botol tinta bak yang saya habiskan. Butuh berkali-kali latihan, sampai bisa menggambar rapi BG7SS lengkap dengan isiannya.

Terbiasa menggambar setiap hari (demi tugas remidi yang ketiga), saya pun bisa menyelesaikan ujian kesenian dengan nilai yang alhamdulillah. Pernah mengalami tiga kali remidi, dan akhirnya bisa memperoleh nilai ujian tertinggi di kelas untuk mapel kesenian, tentunya menjadi kejutan besar untuk saya 😀

Ternyata memang benar adanya, practice makes perfect!

***

Beberapa hari lalu, saya menemukan poster di salah satu akun kosmetik ternama. Ternyata, mereka sedang mengadakan kompetisi make up dengan tema halloween. Terkinclong-kinclong dengan hadiahnya, saya pun berniat ikutan. Sebelumnya, saya selalu “bermain aman” saat merias. Maksudnya, saya hanya merias untuk tampilan panggung dan karnaval. Saya belum pernah mencoba make up fantasi sama sekali. Mumpung ada lomba, sekalian saja saya latihan 😀

Sayangnya, saat memutuskan untuk berlatih, saya tidak membaca keseluruhan isi poster tersebut. Belakangan baru saya tahu bahwa salah satu syarat lomba adalah wajib menggunakan produk kosmetik mereka, yang mana sebiji pun saya tidak punya 😦

Kepalang tanggung! Mumpung kadung niat, walaupun tidak jadi mengikuti perlombaan itu, saya tetap lanjut belajar make up fantasi. Sebagai newbie, hasil riasan saya standar banget! *tutup muka* … Selain menggunakan teknik ala kadarnya, hasil riasan saya juga belum bisa rapi. Paduan warnanya masih campur-campur sana sini, belum lagi alis yang kurang simetris, karena digambar menggunakan kuas untuk blending. Intinya, parah! Hahahhahaa

avatar

Saat adek-adek tahu saya sedang bereksperimen dengan make up fantasi, mereka langsung heboh minta dirias juga, tentunya a la tokoh pilihan mereka. Saya pun mengiyakan, itung-itnng untuk melemaskan tangan sekaligus menambah jam terbang. Oiya, karena ini adalah kali pertama saya mencoba make up fantasi, jadilah kami menggunakan perlengkapan seadanya. Untuk alas bedak, saya menggunakan Kryolan, dan warna warninya saya menggunakan eyeshadow.

korban

Setelah mendandani anak-anak itu, saya pun mencoba make up fantasy yang lain. Ingin hati bisa merias seperti gambar di bawah, tapi apa daya? Alih-alih menghasilkan tampilan yang halus dan seram, hasil riasan saya justru memancing tawa teman-teman (gara-gara saking lucunya hasil riasan), hihihihihihihi

make up halloween 6

Percobaan-prcobaan kemarin, tentunya ada banyak kekurangan. Selain belum bisa “mengunci” warna eyeshadow supaya lebih ngejreng, saya juga belum bisa merias dengan detail, seperti para MUA lainnya.

Sepertinya, saya harus rajin berlatih, seperti saat kelas 1 SMA dulu. Masih banyak teknik yang musti dipelajari, ada beberapa printilan dempul yang juga perlu ditelisik karakter bahannya, serta rajin-rajin latihan untuk menambah jam terbang. Cita-cita saya sederhana => Bisa mendandani Yaya a la Hatsune Miku 😀 *Lalu gedebukan, bingung nyari pinjeman wig biru di mana, hihihihihi*

Terinspirasi “nasehat” mas Yoris, kalau dulu prinsipnya Practice Makes Perfect, kayaknya sekarang musti direvisi jadi Perfect Practice Makes Perfect. 

Besok, mau nyoba riasan fantasi yang bagaimana lagi ya?

25 thoughts on “Practice Makes Perfect

  1. Pelajaran gambar tahun berapa tuh yang masih pakai tinta bak? Angkatanku sih udah pake spidol ama cat air, mbak 😛
    Reuest donk… avatar ijo-nya dipasang sekalian biar banyak yang tahu 🙂

    1. Hahahhahhaaaaa, yang jelas aku itu kakak kelasmu setahun Lim :p
      Ternyata tinta bak itu #kode untuk jaman duluuuuuu banget ya?

      APPAAHH??? AVATAR YANG IJO JUGA???
      Jangaaaaannn …. Nanti mas Anu ga jadi naksir #Lho

    1. Pakai eye primers juga mbak. Kalau dilihat langsung warnanya bagus, tapi kalau dipotret ga kliatan 😦

      Kadang diakali, pakainya tumpuk dua kali : primer – eyeshadow – primer – eyeshadow

      Biasanya mba Feb gimana ngaplikasiin primernya?

    1. Whahhahahhahhaaaa, ternyata riasan perdanaku berhasiiiilll …

      Eh, titip pesen ke Nenny, spy pas ngliat fotoku jangan sambil ngelus2 perut.
      Btw foto jilbab ijoku gimana? Hancur banget ya Ar? 😆

    1. nonton Face Off di stesyen TV apa Lid? Baru denger soal ini *hiks, di sini ga bisa buffering yutub*

      APAAAHH?? KAMU IKUT NGUNGKIT2 SOAL CAWU? Hah! Hah! Hah! *Uncali gilingan tebu*

  2. Wahaha.. Pasti pas mekap2 seru banget yaa.. Banyak ketawa-ketiwi… 😀
    Aku dulu suka juga eksperimen mekap ama adekku, lalu ku-upload di FB, eeeh jdnya pd ngira aku upload foto tanpa jilbab, pdhal itu adekkuuuu.. 😥

  3. hahaha.. kebayang serunya dan ketawa2nya.. itu udh bgs jg hasilnya,tinggal diperdalam, bs lamar jadi make up artis hahahaa.. salam kenal ya.. makasih udh mampir dan follow blog aku hehe

    1. Hhahahhaa, bisa mbak. Bisaaaaa …
      Make up prewed sama lamaran kan konsepnya flawless tapi chic.
      Rambutnya jangan dipotong pendek yaa, biar bisa disanggul nanti *dibahas*

  4. bhahahahahahaahaa, jadi ingat saat tempat kerjasaya merayakan Halloween, dengan make-up dan kostum seadanya, saya berubah jadi ganteng-ganteng drakula *pede mode on*…hihihihihihi

    salam kenal dari Jayapura

Leave a Reply

