Kenal Imung?

Hari ini, ketika mengantar adek sepupu yang merengek minta dibeliin tempat pensil di salah ssatu toko buku di sini, saya menyempatkan menyusuri rak-rak novel, kebiasaan yang sudah lama saya tinggalkan, karena belakangan saya lebih sering membeli buku secara online. Alhasil, dari sudut ke sudut, saya menemukan banyak nama baru dan judul novel yang masih asing. Ada beberapa yang saya kenal, itu pun karena sering disebut-sebut oleh beberapa teman dan orang yang saya follow di Twitter. Yang lainnya? Saya tidak tahu😦

Lalu, saya pun penasaran ingin menamatkan judul-judul novel yang ada di rak buku tersebut, mulai tingkat yang paling atas sampai yang paling bawah. Dari sekian banyak novel yang ada di rak tersebut, ada satu yang menarik perhatian. IMUNG!

Ingatan saya pun melayang ke masa-masa umur belasan, saat masih berseragam putih – biru. Iya, dulu saat saya masih SMP kelas 1 (sampai di sini, pasti sudah ketebak angkatan berapa😆 Iya, saya generasi 90-an), SCTV pernah menayangkan satu serial yang berkisah tentang anak SMP yang cerdik dan bisa memecahkan berbagai kasus kejahatan. Kalau dari Jepang kita mengenal Conan, kalau di Indonesia kita punya Imung.

Oh? Apa? kalian ga kenal Imung? 

Sebenarnya saya lupa-lupa ingat detail cerita serial ini. Sejauh yang bisa saya ingat, si Imung ini murid baru, pindahan dari sekolah luar kota. Tampilannya sangat  sederhana dan apa adanya, dengan potongan rambut belah tengah yang sedang ngetren waktu itu, dan baju seragam yang diatur sekenanya.

Dia bukan orang yang misterius seperti Detektif Conan, tetapi dia bersikap seperti biasa anak laki-laki seusianya, yang gemar cangkrukanguyon-guyonan, dan kluyuran. Yang membuat Imung berbeda adalah, kejelian dan keahliannya memecahkan beberapa kasus besar, yang biasa ditangani oleh pihak kepolisian.

Waktu itu, sebagai remaja umur belasan, saya terpesona dengan sosok si Imung  ini #Halah.

Setiap jam tayang Imung, saya pasti sudah duduk manis di depan tivi menunggu petualangan baru si Imung. Dan setelahnya, saya sering berkhayal : andai punya teman sekelas yang sehebat Imung. #HalahPart2

Terlepas dari keterpesonaan pada sosok Imung, cerita detektif cilik ini memang keren! Baru hari ini saya tahu kalau penulisnya adalah Arswendo Atmowiloto. Nama yang sudah tidak asing kan?

Ah! Saya penasaran dengan versi novelnya. Apakah akan seseru serial televisi yang dulu saya tonton? atau lebih seru dari petualangan Lima Sekawan dan Detektif Conan?

Kapan-kapan, saya mau beli baca buku ini :D

P20-05-14_16-45[1]

***

Ada yang pernah nonton serial ini juga?🙂

 

 

40 thoughts on “Kenal Imung?

    1. Oh ya? generasi 90-an juga?
      Bisa jadi ga tau sih Bee, soalnya serial TV jaman dulu kan ga spt sekarang yg kejar tayang, jd setiap hari diputer di tv.

      1. Hahha… iya juga sih, dulu nonton tv malem doang, kalo libur baru dari pagi, paling juga nntn doraemon sama power ranger atau satria baja hitam, hahahaaa

  1. waahh imung.. suka bangett.. waktu kecil pernah baca beberapa novelnya (punya kakak). mungkin karena pengarangnya adalah Arswendo, walau ceritanya untuk anak2 tapi tetap berbobot dan bermutu, ga kalah dg cerita detektif cilik karya pengarang luar negeri. lalu waktu SMP (atau SD kelas 6 yaa aku lupa) tayang lah serialnya di SCTV dan melihat sosok kak imung di TV waktu itu rasanya dia cowo yg kereen bgt hahahaa.. balada masa ABG bgt lah
    oh iya, lihat novelnya di toko buku mana ya? pingin beli buat koleksi

    1. Aku malahan baru tahu kalo Imung ini ada novelnya, dan kaget jg pas tahu yg nulis Arswendo. Pantesan kok baguuuuss.
      Waahh brarti kita sama2 angkatan 90-an ya, soalnya seingatku Imung ini cm sekali tayang di SCTV, dan itu pas jaman SMP dulu hihihi
      Kmrn ketemu di toko buku sini, pustaka 2000.

      1. Waktu kecil gawene nonton TV aku mbak. Kuwi pun elinge cuma itu tok. Ceritane ora eling. Hahaha..

        Kalau sinetron Sahabat (bla bla bla) *lupa judulnya sahabat apa gitu* yg tokohnya Ading dan Dodo tahu mbak? Anak SMP gitu jg. Di RCTI kalau gak salah.

  2. Dulu Q sring Nonton skrng lg pengin Nonton lg kira2 ada gak y di youtube trs judul’a lupa jd susah nyari’a mohon di bantu ya All yg tau

  3. Inget. Aku inget pas kasus nangkap burung peliharaan siapaa gitu pake CD di jemuran. Dan kasus nasi goreng petai.

Leave a Reply

