Ngeblog suka-suka dengan “Proyek Nulis” Bertagar

Ngeblog …

Aktivitas menyenangkan tapi terkadang saya angin-anginan. Maksudnya kalau lagi ingin nulis ya nulis, kalau enggak ya enggak. Karena menulis di blog masih sekedar pengisi waktu, jadinya saya pun menulisnya dengan suka-suka, semaunya, sesempatnya. Tidak ada deadline, tidak punya keharusan posting setiap hari, dan konten isinya pun bebas.

Namun, ada kalanya saya ingin rajin menulis di blog. Selain konon bisa mengasah kemampuan menulis, juga bisa mengisi waktu. Sebenarnya dalam hal ini saya pernah tertohok oleh twitnya bapak Jamil Azzaini tentang bagaimana beliau “memaksa” dirinya untuk rutin ngeblog setiap hari, setiap pagi. Orang sesibuk beliau saja masih sempat menulis di blog setiap hari, saya yang tidak sibuk ini kok ya tidak bisa (atau tidak mau?).

Menulis setiap hari di blog tentu saja bukan urusan mudah, bukan asal ketik. Butuh ide dan bekal supaya tulisan yang diposting bisa bervariasi dan tetap menarik. Lalu, darimana biasanya dapat ide buat postingan blog?

  • Curhatan teman (dan kadang juga dari curhatan sendiri)
  • Buku dan film (jika ingin menulis review)
  • twit di Twitter (kalau sedang ingin bergunjing)
  • jalan-jalan (dan jadinya cerita perjalanan)
  • menonton tv (untuk meng-update perkembangan politik, ekonomi, sosial, musik, dan tentunya gosip terkini #Eh)
  • kejadian yang tidan sengaja ditemui di tengah jalan
  • dan lain-lain, dan lain-lain

Ide sudah ada, tetapi semangat menulis tetap angin-anginan. Kalau sudah begini, saya biasanya mencari bolo kurowo untuk diajak seseruan menulis bareng di blog masing-masing. Salah satunya, dengan mengikuti “proyek menulis” yang biasanya disimbolkan dengan tagar tertentu. Beberapa “proyek menulis” yang pernah saya ikuti dan berhasil membuat saya rajin menulis setiap hari diantaranya:

  • #30HariLagukuBercerita
  • #30HariMenulissuratCinta
  • #CeriTo
  • #TawuranKata
  • #JuliNgeblog

Sebenarnya, ketika mengikuti “proyek menulis” tersebut, tidak selalu setiap hari saya memosting tulisan. Ada kalanya saya absen, tapi tanggungan posting hari itu saya ganti di hari lainnya. Serunya, dengan mengikuti “proyek menulis” ini saya tidak sendirian. Ada teman-teman seperjuangan yang juga mengikuti proyek yang sama. Selalu ada cerita baru dan kejutan dalam tulisan mereka. Tidak jarang saya berdecak kagum dengan apa yang dituliskan teman-teman saya tadi. Sebuah tema yang sama, bisa menjadi berbeda dan unik karena sentuhan personal penulisnya.

Kalau kalian, kira-kira apa saja yang membuat kalian eksis ngeblog? 😀

***

Cerita ini diikutsertakan dalam 2nd Give Away Ikakoentjoro’s Blog

18 thoughts on “Ngeblog suka-suka dengan “Proyek Nulis” Bertagar

  1. bwahahahaha…. serasa tertohok-tohok… klo lagi mood bahkan sehari bisa dua sampek tiga kali postingan, tapi kalo lagi malas sampek berbulan-bulan gak nulis, pppffffttttt…. belum lagi gonta ganti blog gara2 pengen ngerapihin blog yg isinya dipisahin sesuai tema, eh ntar balik lagi jadi blog acakadut. males nian ya… Eh, bikin proyek lagi yok (padahal yg #JuliNgeblog aja gak kelar2 :l )

Leave a Reply

