Ramadhanku dulu, Ramadhanku sekarang

Kemarin sore saat menunggu menit – menit menjelang sidang penentuan 1 Ramadhan, saya terlibat pembicaraan yang umum dibicarakan pada saat seperti ini tentang suasana Ramadhan.

“Mbak, kok puasa ini gak kerasa suasana puasanya ya? gak seperti tahun – tahun lalu. Dulu semua sudah sibuk persiapan, anak – anak juga ramai tongklekan. Sekarang puasa kok seperti hari – hari biasa”

Mendengar itu, saya pun tercenung …

Saya dan beberapa teman lain sudah merasakan suasana bulan Ramadhan sejak beberapa Minggu lalu. Kok bisa? Tentu saja dari iklan – iklan di televisi tentang puasa Ramadhan dan juga Lebaran #Eh😐 Iklan – iklan sirup, biskuit, dan lain – lain mulai sering muncul di televisi, pertanda puasa Ramadhan sebentar lagi datang menyapa.

Suasana Ramadhan itu harusnya bisa terasa bagi hati – hati yang sangat berharap bertemu dengannya. Saya pun pernah berpikiran yang sama, merasa suasana Ramadhan sekarang t idak seperti tahun – tahun lalu. Padahal Ramadhan selalu sama, selalu membawa banyak kebaikan bagi umat muslim. Lalu, kenapa Ramadhan terasa berbeda? Jawabannya …… ternyata saya tidak mempersiapkan diri menyambutnya😦 Saya tidak memaksimalkan ibadah didalamnya😦 Saya masih sering mengikuti godaan – godaan dan akhirnya lupa meningkatkan kualitas diri ketika Ramadhan.

Tidak seperti waktu kecil dulu. Saya dan banyak teman lain sangat antusias begitu Ramadhan datang, karena berarti kami akan mendapat libur sekolah, bertemu banyak teman saat sholat berjamaah, makan makanan yang lebih bervariasi daripada biasanya, dan juga dibelikan baju baru saat menjelang hari raya. Dan ibadah yang kami lakukan saat Ramadhan juga masih sedikit, yaitu puasa, sholat lima waktu, sholat tarawih, dan tadarus. Sudah😀 Selebihnya, sebagai anak – anak, kami lebih sibuk bermain dan berharap waktu berbuka segera tiba.

Setelah dewasa, seharusnya bisa memaknai bulan Ramadhan dengan cara yang berbeda. bukan lagi hal – hal diatas yang diharapkan, tetapi lebih dari itu. Seharusnya, ibadahnya jauh lebih maksimal. Seharusnya, tadarus Al – Qur’annya ditingkatkan. Seharusnya, dzikir – dzikir diperbanyak. Seharusnya, lebih bisa mengendalikan amarah. Seharusnya, bisa melepaskan diri dari rasa malas. Seharusnya hal – hal itu bukan hanya sekedar wacana. Semoga bukan menjadi seharusnya lagi. Semoga bisa menjalani puasa Ramadhan kali ini dengan lebih baik daripada Ramadhan – Ramadhan sebelumnya.

***

Marhaban yaa Ramadhan😀

Selamat menunaikan ibadah puasa di Bulan Ramadhan bagi teman – teman yang menjalankannya. Semoga fisiknya selalu terjaga, dimampukan rutin melaksanakan sholat tarawih, sholat malam, dan diberikan kelapangan waktu untuk memaksimalkan tadarus Al Qur’an. Semoga Ramadhan ini lebih baik dari sebelumnya.

28 thoughts on “Ramadhanku dulu, Ramadhanku sekarang

    1. Ngomong2 soal undangan bukbek, jadi keinget masa2 nguli dulu😀 Bukber sana bukber sini hhehhhee
      Selamat memenuhi undangan bukbek mbak Olive😀

  1. selamat menunaikan ibadah puasa madam…semoga kita dilancarkan & dimudahkan dalam menjalankan ibadah puasa tahun ini…aamiin

  2. Selamat berpuasa….semoga bolongnya nggak banyak ya…hehe…walau ndak bisa mengawali puasa semoga bisa mengakhirinya dengan baik Yan…

    1. Aamiin aamiin aamiin mbak #hugs

      Semoga kali ini kita ddapet Sholat Ied ya *Make a wish*
      Selamat berpuasa dan semoga dapet Lailatur Qadarnya

    1. Dulu pas awal2 belajar puasa, nyicil puasa bedug dulu atau langsung ke puasa magrib Yan?😀
      Dulu aku selalu bersahabat dekat dengan jam dinding kalau sudah jam 5 hihihihihihi

  3. Selamat menunaikan ibadah puasa Di …🙂 aku juga gak terasa disini, eeh tau tau udah puasa aja, mana panjaaaaaaang banget jam puasanya😦

    1. iyaaaa Cha, tadi habis baca postinganmu dan ngitung waktu puasanya. 20 jam!
      Semoga dilancarkan puasanya yaa Cha, supaya bisa maksimal ibadahnya #hugs

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s