Taman Pelangi Surabaya

Mampir ke postingan Fascha yang ini mengingatkan saya pada kejadian di Taman Pelangi bulan lalu. Lucu dan mengejutkan πŸ˜€ Bagaimana Facha bisa berpiknik dengan tenang dan nyaman di ruang terbuka hijau (RTH) dengan nyaman, sangat berbeda dengan yang kami alami kami disini. Kami sepakat untuk berkumpul di Taman Pelangi Surabaya (yang saat itu saya tidak tahu pasti dimana lokasinya). Disana, kami menggelar barang bawaan kami dan juga cemilan buat dicemil selama disana. Beberapa saat kemudian salah satu petugas keamanan disana menghampiri kami, menanyakan apakah barang yang kami gelar itu barang dagangan?. Sontak kami kaget lalu menjelaskan pada bapaknya. Apa iya kami terlihat seperti PKL? #Eh

???????????????????????????????

???????????????????????????????

Taman Pelangi Surabaya terletak di Jl. A. Yani, merupakan ruang terbuka hijau merangkap ruang publik yang ada di Surabaya. Sering kali setiap ke Surabaya saya melewati taman ini dan baru tahu namanya ketika bertemu janji dengan beberapa kawan disini. Menemukan Taman Pelangi cukup mudah karena hampir semua angkutan umum dalam kota melewati taman ini. Untuk mengenalinya, perhatikan saja tiang putih berjajar yang ditata serupa gelombang yang cukup menarik perhatian bagi yang melewatinya. Taman ini berseberangan dengan kantor Bulog (DOLOG), jadi kalau ingin ke taman ini menggunakan angkutan umum, tinggal bilang “turun Dolog” ke pak kondekturnya πŸ˜€

???????????????????????????????

???????????????????????????????

???????????????????????????????

??????????????????????????????? ???????????????????????????????

Taman Pelangi Surabaya sebagai ruang terbuka publik sudah memenuhi 3 syarat penting, yaitu memiliki makna, dapat mengakomodir pengunjungnya dalam melakukan kegiatan, dan dapat menerima berbagai kegiatan masyarakat tanpa ada diskriminasi. Adanya berbagai fasilitas diatas mampu mengakomodir pengunjungnya untuk melakukan berbagai kegiatan. Siapa saja boleh datang dan memanfaatkannya kecuali untuk berdagang karena tidak boleh berdagang di tengah taman.

Ada yang saya sayangkan dari Taman Pelangi ini => ada beberadaan tiang yang “penuh” oleh coretan tangan – tangan usil pengunjungnya, yang mana tulisan – tulisan itu sangat tidak penting untuk dibaca pengunjung yang lain *mulai sebal*.

???????????????????????????????

Karena saat itu hari Minggu pagi, jadi suasana taman cukup tenang karena tidak banyak pengunjung. Saya jadi penasaran bagaimana suasana taman ini ketika malam minggu atau hari libur yang lain. Akankah penuh pengunjung dengan berbagai aktivitasnya? Ataukah seperti minggu kami yang tenang kemarin?

***

Ruang Publik :Β merupakan suatu ruang yang berfungsi untuk kegiatan-kegiatan masyarakat yang berkaitan dengan sosial, ekonomi, dan budaya.

Sumber Data :

http://eprints.undip.ac.id/347/

http://www.dkp-surabaya.org

20 thoughts on “Taman Pelangi Surabaya

  1. Sepertinya gak salah juga petugasnya tanya kaya’ gitu yah, demi menjaga kebersihan tamannya itu. Dan emang gak salaaaah… itu kenapa toko snack jadi pindah ke taman??? Asli banyak banget sangu makannya yah?? hihihi…
    Itu jogging track ya *yang berbatu-batu* bagus tuh buat refleksi πŸ™‚ Pengen kesana deeeh!

    1. Whahhahhahaaa, yang kami gelar itu ndak hanya snack2 Cha, tapi ada buku dan alat tulis juga. Makanya si bapak curiga tingkat tinggi pada kami.
      Snacknya beneran banyak Cha (masih ada separuh yg tidak tertangkap kamera), lah gimana, satu anak bawa sekeresek. Akhirnya pas pulang sebagian dikasih ke bapak2 petugas keamanan disana.

      Kmrn blm sempet nyoba jalan berbatunya padahal tinggal ngelepas sendal 😦

  2. hehe…sepertinya perlu adaptasi masyarakat maupun aparat untuk bisa menikmati taman2 semacam ini…semoga semakin lebih baik…^_^

    1. Nah itu dia mbak. Kalau di taman ini, aparatnya sudah sigap sih. Kalau yg mencurigakan didatengi, dan kalau nemu yg kotor petugasnya segera membersihkan.
      Sejauh yg kutahu kemarin, petugas2 disana, juga tanggap dalam menyampaikan informasi, termasuk ttg ijin pemakaian ruang publik

  3. Mohon maaf,info…narasi ama foto kurang pas…data yg disampaikan campur baur antara taman bungkul dan taman pelangi…yg terlihat di foto taman pelangi…sebagian data tentang taman bungkul sebagian data yg lain taman pelangi…demikian mudah2an menjadi periksa dan enjoy surabaya! πŸ˜‰

    1. kalau suka heritage site, kawasan Jembatan Merah wajib dikunjungi pas ke Sruabaya. Eh atau bisa juga ke Museum House of Sampoerna, trus ikut kliling kawasan2 Heritage pake bus Surabaya Heritage Track.

      Kalau bawa keluarga, di Surabaya ada jg yg namanya Museum Kapal Selam.
      Tdk terlalu merekomendasikan KBS 😦 Soalnya skrg2 ini sedang kurang asyik dikunjungi.
      Eh, Ayana pengen ke tempat yg seperti apa?

      1. Kalau belanja, ada banyak mall Ay πŸ˜€
        Tapi kalau mau belanja parta grosir, bisa ke PGS dan Pasar Kapasan. Disana hara & barangnya menakjubkan hehhehhee

    1. Hahhhahaa iya, padahal itu janjiannya “bawa cemilan secukupnya”, eh pas sampe sana banyak yg bawa cemilan sekresek. Tinggal dikalikan berapa anak yg bawa kresek.
      Aku juga baru sekali itu Non, biasanya cuma bisa ngeliatin pas lewat

  4. Taman Pelangi Surabaya terletak di Jl. Darmo, merupakan ruang terbuka hijau merangkap ruang publik yang ada di Surabaya.

    >> *bisik2* mbak dian…. Taman Pelangi kuwi nang jalan Ahmad Yani πŸ˜› Kalo Taman Bungkul di jalan Raya Darmo. ‘Raya’-ne ojok lali ditulis. Nek nulis ‘Darmo’ thok nanti orang nyasar ke Darmo Satelit nun jauh di Surabaya Barat sono, qiqiqiqi.

    1. Aduh iya ya, yang jalan dilewati bus itu kan jalan A. Yani *tepok jidate dhewe*
      Tumpang tindih sama Taman Bungkul nih informasi yang kesimpen di otak #Eh
      Makasih yaaa mbak Tyke revisinya #Hugs

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s