Mengenali Pintu

Pintu merupakan salah satu bagian penting dalam bangunan suatu rumah. Melalui pintu, penghuni dan tamu bisa masuk dan keluar rumah dengan leluasa. Oiya, sebenarnya lewat jendela juga bisa, tapi ini berlaku untuk kondisi mendesak semisal kunci hilang, menyelinap supaya tidak ketahuan, atau …. mencuri? #eeeehhh

Pintu memiliki berbagai macam model yang disesuaikan dengan karakteristik bangunan rumah, seperti pintu – pintu yang saya jumpai ketika keluyuran di Lasem. Pintu – pintu ini unik. Ada beberapa yang tidak biasa saya jumpai di daerah lain. Benar jika Lasem disebut sebagai Tiongkok Kecil karena kita bisa menjumpai banyak bangunan yang memiliki arsitektur khas negeri Tiongkok. Kekhasan ini salah satunya dapat dilihat dari pintu dan ornamennya. Banyak pintu yang  masih bertuliskan kanji Cina, baik yang sengaja disamarkan maupun yang sengaja ditampakkan.

DSC06806  DSC06816 DSC06828 DSC06832 DSC06951 DSC07600

 

Ada banyak rumah yang memiliki model pintu seperti foto dibawah. Saya juga menemui model pintu yang sama di rumah simbah – simbah saya yang bertipe Joglo. Jadi sebenarnya pintu ini khas rumah Tionghoa atau Joglo ya?

DSC06812

 

 

39 thoughts on “Mengenali Pintu

  1. tok tok hehe🙂
    saya suka pintu org yg ada ukirannya kaya rumah temen keren, terlihat elegan gitu kali ya mbak cangkir teh🙂

    1. Ukiran khas Jawa ya adek cangkir kopi? *ada apa dengan nama kita? hahhhahhaaa*

      Aku suka rumah yang pintunya “kupu tarung”, lebih lega kalo melintas #halah

      1. bentuk pintunya pendek,umumnya rumah di desa. tapi atapnya tinggi. falsafah itu mengartikan bahwa tamu yg datang akan merunduk jika masuk rumah dan hal itu menandakan menghormati yg punya rumah. gituuu…🙂
        lebih tepatnya ke salam kepada pemilik rumah.

      2. Waaaaaahhhhhhh ternyata ada filosofi dibalik bentuk pintu😀 *baru tahu*
        Kalau pasang foto rumah nenek, kabar2 yaa Anggun, siapa tahu model rumah nenek kita kembaran hhehhehe

    1. *Tooosss*

      Iya mbak, aku jg baru2 ini nyadar ternyata ada pengaruh kebudayaan pada exterior pintu dn jendela.
      *Langsung meluncur ke link*

  2. Ntar deh, aku fotoin pintu lain yang tinggi banget dr kayu. Lupa motonya kemarin pas kunjung ke tempat sodara di Bengkulu. Ternyata, dr pintu saja bs ngelahirin tulisan yah…

    1. Iya, hehehhe dari pintu bisa jadi tulisan. Postingan mbak Feb @Jalan2Liburan juga keren loh. Pintu & Jendelanya lebih macem2😀

      Ayo Hasan, difoto pintunya.
      Kayaknya pintu yang di Bengkulu modelnya beda dengan pintu yang di Jawa *penasaran*

  3. Pintu dengan bahan kayu jati kuno yang ada di regol rumah China Lasem tampaknya kokoh sekali. Selain kekar, pintu juga tebal ukurannya. Engselnya tahan akan karat.

    1. iyaaa Arum😀
      Pintu2nya dari kayu Jati. Walaupun berusia tua tapi tetap kokoh.
      Kalau untuk bangunan yg terpakai, engsel2nya ada beberapa yg berkarat😦

      1. Saya berkunjung ke kampung Pecinan Lasem tahun 81. Rumah-rumah kuno itu terawat dengan baik. Salah satu pemiliknya ada yang menyimpan guci-guci kuno dari Tiongkok tersimpan rapi dan terawat dengan baik di dalam gudang.

      2. Waaahhhhh Dulu di kampung Pecinan mana?😀
        Kalo kemarin, kami baru ke Babagan dan Karang Turi.

        Naik andong di sepanjang Pecinan memberikan nuansa nostalgia ya

      3. Kampung Pecinan di Lasem di kawasan Sumber Girang. Dari Masjid Agung Lasem ke selatan dikit masuk kampung. Maksudnya kampung Pecinan memang penghuni rumah rata-rata warga keturunan China dengan rumah pagar tinggi ,ada regolnya dari kayu jati kuno, engselnya gede-gede, pintunya berderit jika dibuka.

    1. YYYEEESSS!!!
      ndisiki mas fotografer😀
      Kemarin ini ga sengaja mas Ules. Pas keluyuran di Lasem, pintu2nya kok unik dan modelnya kuno2. Akhirnya kepikiran mengabadikan gambar pintu2 ini

    1. Hahhahhahahaaa betul! Dia dulu yang mengajak mba Olive “nyasar2” pas di Aceh😀

      Yang ada di foto pintu warna kuning itu calonnya Ari mbak. Saking sayangnya aku pada mereka berdua, merekalah yang kupasang gambarnya disini hihihihiiii *yang punya blog ngalah*

      1. yaa .. yaaa …waktu di Aceh dia sempat bercerita tentang perempuan membuat hatinya berbunga itu hahahaha *dilarang bergosip*

      2. Diceritain juga gak proses “penembakan” si pujaan hatinya bagaimana? Benar2 lelaki keren teman kita itu ya mbak😀 hihihihihi *bisik2 tetangga*

      3. bisik² koq di sini hahaha
        yg pasti dia lelaki yang membuat wajah dingin bapak² di Mureu Lamglumpang melunak🙂

        dilarang penasaran tunggu aja postingan berikutnya

    1. Hhhaa? Mirip pintu di film koboi? *lupa2 ingat soalnya terakhir nonton film koboi jaman masih nguli dulu*

      Kalau aku malah kepikiran pintu itu mirip sama pintu rumah joglonya simbah😀

  4. kalau dulu di rumah lama itu pintunya dibagi dua. atas bisa dibuka sendiri, bawahnya juga bisa sendiri. sering main2 sama pintunya tuh. isengin kakak atau teman. hehehehe.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s