#TellATale Postcard From Japan

Sengaja tidak sengaja, tema #TellATale hari ini kembaran dengan postingan dua teman “rumpi” saya : buzzerbeezz dan OmNduut 😀 Iya, tentang KARTU POS. Kalau mereka berdua bercerita tentang kartu pos yang mereka terima dari temannya, saya akan bercerita tentang kartu pos yang diterima adek saya, hari ini.

Adek saya sangat menyukai hal-hal berbau Jepang, baik anime, manga, dorama, bahkan apapun yang bertuliskan huruf Jepang bisa membuat dia tertarik. Karena itu, ketika awal bergabung dengan postcrossing, adek saya sangat berharap akan bisa mengirim dan menerima kartu pos dari Jepang. Setiap kali merekuest alamat kartu pos untuk dikirim, dek Afad harap-harap cemas menunggu ada alamat Jepang yang muncul disana, tapi sampai sekarang masih belum terwujud. Sampai akhirnya hari ini ada selembar amplop putih bertuliskan huruf romawi yang sampai ke rumah.

Konon kata adek sepupu saya, begitu pulang sekolah dan mendapati amplop putih di leptopnya dek Afad langsung bersorak kegirangan dan joget-joget, padahal waktu itu dia belum membuka isinya, baru membaca nama pengirimnya yang ternyata Miki dari Jepang😀 Begitu amplopnya dibuka, isinya membuat dek Afad (bahkan saya dan saudara-saudara yang lain) takjub.

Inilah isi amplop dari Miki😀 Selembar surat dan 3 buah manga hasil gambarannya Miki. Bagus ya gambarnya😀

602159_447966278617522_1445113835_n

Kami sempat mengira isi suratnya akan bertuliskan huruf kanji, katakana, atau hiragana. Tetapi ternyata Miki menulis dengan huruf Romawi dan menggunakan Bahasa Inggris. Dari suratnya kami jadi tahu kalau Miki juga masih SMA, sama seperti dek Afad😀

8063_447966191950864_1726390039_n

Mengingat tarif pengiriman kartu pos keluar negeri yang sangat mahal dari daerah kami, saya pun menanyakan pada dek Afad apakah dia akan tetap melanjutkan postcrossing setelah menerima kartu pos dari Jepang, dek Afad menjawab dia akan tetap melanjutkan postcrossing karena dia juga ingin mengirim kartu pos ke Jepang😀 Waaahhhhh dia harus lebih rajin menabung ehheehehe

Semoga kartu pos ini bisa menyemangati dia untuk lebih rajin belajar Bahasa Inggris, Bahasa Jepang, dan juga menggambar Manga.

Ganbatte kudasai Afad Kun😀

34 thoughts on “#TellATale Postcard From Japan

  1. Afad, ayuk ngeblog juga🙂
    Asyik banget nih langsung dapet borongan gitu haha. Sip, semoga Afad makin semangat postcrossingan ya🙂 aku aja, begitu dapet 2, besok udah mau kirim lagi 3 haha. Eh di sana dulu kirimnya pake perangko berapaan? Aku semua pukul rata. 5 ribu :p ^^

    1. Aaaaa murahnyaaaa😀
      Dsini per-kartu pos kena 25ribuuuuuuu *nangis sesenggukan* Jadi untuk 4 kartu pos, dek afad kena hampir 100ribu, hixxx

      Kami boleh nitip gaaaaaakkk? hahhahahhaaa *belum2 udah mau ngerepotin* *mau ya Yan, mau ya?*

      1. Eh, aku juga 5000 itu gak melalui petugas loooh. Kalo lewat petugas dimintain 10 ribu, padahal kan tarifnya gak segitu. Itu akal-akalan petugasnya aja tuh😛 gile ajee 25 mahal bangeeeet. *jitak petugas di sana* hehe

        Postcardsnya aku masukin ke kotak pos yang ada di depan kantor pos. Sebelumnya sih nanya dulu sama security, “Pak kalo aku masukin surat di sini pasti diambil, kan?” Kata si security sih iya, dan terbukti🙂 postcardku sampe ke tujuan hehe

      2. Wah brarti caranya kayak cara Ari ya? Coba besok ku cek ke kantor pos, semoga kotk pos disini masih berfungsi😀 Ah lumayan kan klo bisa ama2 5ribu, sebulan bisa kirim lebih dari 5 kali. *cari kenalan pak pos*

      3. Aku sih malas masukin ke kotak pos. Lama ngambilnya. Kotak pos di Kantor Pos Banda Aceh kan transparan. Aku pernah liat kartu pos yg aku masukin masih di dalam kotak ketika 3 minggu kemudian aku dtg lagi ke kantor pos

      4. Aku bilang aja, “Kak.. Itu kotak pos diambilnya berapa hari sekali sih? 3 minggu lalu saya masukin kartu pos di sana kok sampe sekarang masih di sana?”. Trus dijawab, “Kalau kirim surat langsung kasih ke petugas aja Bang”. Akhirnya sejak itu aku langsung ngasih ke petugas kalo kirim kartu. Yg sudah masuk kotak pos akhirnya sih tetep dikirim.

      5. pas ngurus langsung ke petugas tetap boleh pake perangko 5ribuan kan? Aku kmrn pengalaman periode pertama bs 20ribu, eh periode kedua kena 25ribu, hiixx😦

  2. Iya, sebelumnya kan aku nanya ke petugas, katanya 10 ribu. “Kok informasi di situs resmi PT Pos nggak gitu bu?” kataku. Si Ibu sih keder juga tapi dia ambil aman, “kalo nggak sampe kita gak tanggung jawab ya” eh nyatanya sampe😛

    Kalo bisa sih ke kantor pos pusat mbak. Biasanya ada writing desk yang juga berfungsi sebagai kotak pos. *ada cela di pinggirnya* nah aku pake yang itu🙂 Tapi, menurut pengakuan security sih kotak pos yang ada di pinggir jalan juga di cek tiap sore🙂

    1. Kalau disini dulu ada kotak pos permanen yang jadi satu sama bangunan kantor pos, tetapi setelah dipugar, kotak posnya dihilangkan😦 Kalau kotak pos yang di luar pagar kantor pos sih ada Yan, semoga sama denganmu ya, masih tetap di cek tiap sore.
      Dulu kasusku, pas awal2 kirim kami kena 20ribu, eh periode 2 kami kena 25ribu, pas diprotes petugasnya bilang “itu sudah ketentuan pimpinan” dan mereka gak berani kasih harga dibawah itu

      1. Gimana kalo sekali ini pake ngotot2an hehe. Cetak aja tarif ongkir perangko postcard yang ada di grup FB. Bilang aja mau terima resiko kalo gak sampe. Selagi postcardnya gak sengaja dibuang sih aku yakin tetep sampe. Soalnya nih ya pas aku bilang ke petugas di Palembang, “Bu, kalo aku tetep pake perangko 5000 jadi langsung ditolak ya?”

        “Nggak, tetep kami kirim ke Jakarta. Nah nanti yang di Jakarta BERHAK nolak atau nggak. Tapi amannya sih 10 ribu aja mas.” *teuteuup*

        Makanya aku nekat 5000🙂 Bahkan si Alid, kirim ke Jepang 2500 sampe! haha dan memang tarif Asia itu segitu sih😀

      2. HHHAAAAAA?????
        2500??????????????????? *silakan menghitung jumlah tanda tanya*

        Aku gampang pasrah sih klo eyel2an harga. Coba kalau besok pake bukti print harga dari Pos,
        Eh disini, kan perangkonya ditempelin tuh sama petugasnya, kalau gak ditunggui ya gak ditempel2😦
        Besok tak nyoba nempel perangko dari rumah. Bakalan sama gak ya prosesnya

      3. Hmm.. Aku ada ide.. Minta tolong temen postcrossing di luar negeri buat ngirim scan gambar postcard kita (halaman yg ada perangko dan tulisan kita) yg sampe ke dia. Trus minta dia balas postcard kita itu jg. Baru tunjukin ke pegawai kantor posnya bahwa kartu pos kita sampai dan dibalas! Tapi kayaknya itu berlaku buat aku n Yayan sih.. Mbak Dian yg nunjukin bukti dari kami ke pegawai kantor pos.. Gmn?

      4. boleehhh bolleehhhh ….
        Nanti hasil scan punya kalian yg terkirim, aku lampirkan sekalian tarif pos yg ad di grup FB.
        Kalian sudah ada file scan-scan-an-nya?
        *tertarik*

    1. Ar, kamu tidak sedang sakit kan? Demamnya sampai bikin lupa umur gitu *mulai was-was*

      Hahhahahha jangankan dirimu, aku aja yg ngeliat dek Afad tiap hari masih berasa kalo dia SD

      1. ngomongin tentang perangko pasti seru yak… aku kiriman pertama kena 15rb lewat kantor pos mojokerto (3 dari 5 dah diregister, yang 2 nyangsang kali yak… ke Rusia ama Belarusia sih..😦 ), kiriman kedua kena 10rb lewat kantor pos sidoarjo sama kantor pos Bangil (belum ada yang nyampe secara baru dikirim 2 minggu yg lalu😀 ) . pernah nanya tarif di kantor pos Malang, dan petugasnya menjawab ke Eropa 30RB.. #sengaja caps lock. langsung kubatalin gak jadi kirim..😐

  3. Dian chan sampein ke Dek Afad yaa…

    Waah….Yokattaaa… omedetoo nee Afad kun… Nihon-go to Eigo o benkyo shite imasu ganbaru nee.. ^__^

  4. wah obrolannya seru, ngomongin tarif kirim postcard *langsung nimbrung*
    Aku juga pernah ngeyel sama petugas pos. Abisnya mereka gak ada daftar tarif, langsung aja pukul rata 10ribu an ke semua tujuan international. Akhirnya aku coba2 ternyata 5ribu dari makassar msh sampe US n UK kok..hehe..*skalian test case tarif*

    1. Wah! info seruu😀
      Dsini kemarin sudah mau pake perangko 10ribu, eh petugasnya tetep ngeyel ndak mau ngirim & nyetempel. Harus nunggu atasannya. Ini mau kirim kartu pos selembar kudu antri ngadep atasannya. Besok kasih lihat postingan ini ah😀
      Trimakasih ya Amalia *hugs*

Leave a Reply

