Travelmate

Sebenarnya ini adalah tulisan lama saya, Oktober 2011. Namun hari ini saya unggah ulang disini, agar jika terjadi apa-apa dengan lapak sebelah, catatan perjalanan yang ini masih bisa terselamatkan🙂

Walaupun saya sudah pernah punya banyak travelmate selama kuliah dulu, namun kali ini saya ingin bercerita tentang travelmate saya selama di Bangkok kemarin, mba Endah. Mungkin banyak yang tidak tahu bahwa travelmate saya ke Bangkok adalah teman yang saya kenal dari twitter dan baru bertemu pertama kali saat janjian hendak membeli tiket. Walaupun baru kenal dan hanya beberapa kali bertemu muka sebelum berangkat ke Bangkok, ternyata tidak menjadi masalah untuk kami berdua selama tandem mbolang disana. Kemarin, saya mengira karena kami sama-sama orang yang asyik *tsaaah*, ternyata malam ini setelah saya briefing dengan calon travelmate yang baru, saya baru menyadari kenapa kami bisa sukses sebagai travelmate.

 

Saya merasa (perasaan saya lho ya? biasalah orang “kanan” lebih sering memakai rasa)), rencana dan realisasi perjalanan kami bisa dibilang sukses karena kami sebagai travelmate termasuk kompak. Kok bisa? begini ceritanya ….

  1. Dari awal kami sudah sharing dan berdiskusi mengenai rencana2, teknis perjalanan, bahkan sampai jika ada keberatan bisa saling terbuka. Disini terlihat kami sama-sama bertanggung jawab terhadap perjalanan kami nantinya.
  2. Masing-masing dari kami mempersiapkan bekal perjalanan, mulai dari informasi obyek wisata, transportasi, tiket, dan pilihan penginapan yang kemudian dirundingkan lagi. (keliatan ya kami senang merumpi, hehhee)
  3. Kami saling terbuka tentang uang yang kami bawa, tetapi juga membatasi diri untuk tidak saling merepotkan satu sama lain (kecuali kasus khusus insiden pasport)
  4. Dan selama perjalanan pun, kami berdua sama-sama aktif untuk mencari informasi sebanyak mungkin tentang rencana kami selama disana, mulai dari browsing sampai bertanya pada orang lokal.
  5. Mungkin saja kami punya pemikiran yang sama supaya perjalanan ke Bangkok ini menjadi perjalanan yang menyenangkan, sehingga ketika ada konflik kecil kami bisa menyikapinya dengan santai.

Apakah selama perjalanan tidak menemui konflik dengan travelmate? Pasti pernah ya (Ayo mba Endah, ngaku! hehehhe)

Misalnya nih, karena perjalanan ini sangat menguras fisik kami, tentunya tingkat emosi pun juga agak naik, dan berpotensi besar muncul konflik. Namun, ternyata (sebagai wanita yang gampang emosian apalagi pas PMS) kami dapat mengatasinya dengan baik ^_*

Satu lagi, ada perbedaan antara saya dan mb Endah, yaitu saya ini hobi nyasar sedangkan mb Endah tidak suka nyasar. Walaupun berbeda, ternyata tetap adem ayem mbolang bersama. Kenapa? Karena ya itu tadi, kami sama-sama bertanggungjawab terhadap perjalanan kami, jadi bisa saling menegur bila ada yang tidak sesuai, dan kami saling terbuka untuk mengemukakan & menerima pendapat. Intinya adalah tanggungjawab & komunikasi.

Trimakasih yaa mba Endah, sudah berbagi pengalaman dan bisa menghandelku dengan baik sebagai travelmate sehingga perjalanan ini sangat menyenangkan ^__^

Mohon maaf jika selama perjalanan ada hal yang kurang berkenan. Semoga dirimu tidak kapok tandem denganku kapan-kapan, hehhehehe … Hontoni arigatou Endah san ^_^

7 thoughts on “Travelmate

    1. Paspor ketinggalan di penginapan Oom😦
      Jadi, aku kan naruh paspor, CC, Uang Baht dan rupiah amplop plastik yang biasa ditaruh di saku kaos kalo pas jalan. Nah malam itu, amplop dan semua isinya ketinggalan di penginapan (& pihak penginapan tidak menjamin kamar kami aman, walaupun kamar privat), akhirnya aku & mba endah buru2 belanja sampai gak ngitung jumlah uang yg kami keluarkan.
      Begitu sampai kamar, dan totalan, ternyata kami belanjanya melebihi budget hahhahha

  1. Iyaaaa hiiiy. Tapi aku udah perah denger cerita soal paspor yang hilang (kecurian atau tercecer) makanya sebelum pergi aku fotocopy beberapa, simpan di tempat berbeda (tas, tas tangan/tas kamera) dan scan trus simpan di email😀

    1. Naahhhh! Aku jg sempet fotokopi dokumen2 itu Oom, cuma nyimpennya di dompet yang sama #ToyorDiriSendiri

      Gak kebayang klo musti menambah jadwal stay disana :’)

Leave a Reply

