Sarana Transportasi Umum di Kuala Lumpur

Terdapat beberapa jenis transportasi umum yang ada di Kuala Lumpur, diantaranya:

  • Taxi
  • Bus
  • Monorel
  • KTM
  • LRT (Light Rapid Transport )
  • KLIA Transit
  • KLIA Express

TAXI, kami beberapa kali menggunakan taxi selama di Kuala Lumpur. Ketika hari kedatangan, kami mencoba menawar taxi di perhentian bus dan supir taxi disana kekeuh dengan harga RM25 dan hanya mau ditawar RM20. Berhubung kami sudah diberitahu oleh pihak hostel tentang perkiraan biaya taxi yang hanya RM15, akhirnya kami memutuskan untuk naik ke KL Sentral dan memesan taxi dari sana. Usaha kami membuahkan hasil!! Dari KL Sentral sampai penginapan kami hanya perlu membayar RM13 (lebih murah RM2 dari informasi pihak hostel, Yyaayyy!!). Jadi sebaiknya, memesanlah taxi pada loket budget taxi kalau sedang ada di KL Sentral. Lokasi loket BUDGET TAXI ini ada di lantai bawah (perhentian bus) serta di lantai atas, belakang pusat informasi KL Sentral.
BUS, ada banyak bus di Kuala Lumpur mulai dari bus dalam kota, hop on hop off, bus bandara, bus antar kota, sampai dengan bus antar negara. Kemarin saat mbolang disana kami hanya sempat mencoba bus bandara, bus antar kota, dan bus antar negara. Sebenarnya ingin mencoba menggunakan bus hop on hop off (yang cukup murah dibandingkan dengan Singapura) tetapi waktu kami sangat terbatas sedangkan untuk menikmati bus ini kami harus menganggarkan waktu lebih, & we didn’t have it😦

MONOREL, inilah moda transportasi umum favorit kami ^_^ Kenapa? Karena stasiunnya sangat dekat dengan penginapan kami. Tinggal menyeberang di perempatan samping penginapan, sampailah kami di Stasiun Monorel Bukit Bintang. Disamping itu, dengan menggunakan monorel kita bisa mengakses banyak tempat, khususnya KL Sentral dengan waktu yang cepat dan biaya yang murah, sekitar RM 2,1 dari Bukit Bintang. Monorel beroperasi dari pukul 05.30 sampai dengan menjelang tengah malam (mungkin pukul 12 malam kami pun kurang tahu).

KTM Komuter, kita bisa menggunakan KTM Komuter untuk mencapai Batu Caves dan beberapa tempat lainnya. Gerbongnya sangat nyaman dan ada gerbong khusus untuk wanita sehingga perjalanan menuju ke Batu Caves yang cukup jauh pun tidak terasa melelahkan J Untuk tarifnya juga sangat bersahabat sesuai dengan tujuan penumpang. Dari KL Sentral menuju ke Batu Caves kami hanya dikenakan RM 1/orang, dan untuk pulangnya kami dikenakan RM 2/orang.

LRT, kecepatan serta interior dalam kereta ini mengingatkan kami pada MRT di Singapura hanya saja LRT sedikit lebih bising ditelinga😀 LRT di Malaysia memiliki banyak stasiun pemberhentian, salah satunya stasiun Pasar Seni yang berada dekat dengan Central Market & Chinatown (Petaling). Kami juga menggunakan LRT untuk menuju ke Chinatown. Dari stasiun Pasar Seni kami harus berjalan (tanpa harus merasa capek) sampai ke Central Market dan dilanjut ke Petaling street karena memang jaraknya cukup dekat. Untuk tarifnya kami hanya perlu membayar RM 2 ketika hendak ke Pasar Seni (dari KL Sentral).

KLIA Transit, ini adalah kereta favorit saya karena bisa memangkas waktu untuk menuju ke Bandara. Jika menggunakan bus bandara saya memerlukan waktu 1,5 sampai 2 jam, namun jika menggunakan kereta ini hanya perlu separuhnya saja. Disamping itu KLIA Transit ini juga sangat nyaman. Tarif untuk mencapai LCCT dari KL Sentral adalah RM 12,5 (sudah termasuk tiket bus transit) dan kita harus turun di Stasiun Salak Tinggi kemudian berganti menggunakan bus menuju bandara. Saya sangat beruntung waktu pertama kali mencobanya (sendirian) berkenalan dengan Claudia dari Portugal (yang juga sama2 hendak ke LCCT), dia berbaik hati menerangkan rute & tiket kami. Kalau tidak, mungkin saya sudah kebablasan sampai KLIA dan tidak bertemu dengan Ninda & Saniya di LCCT.

KLIA Express, Kereta ini digunakan untuk mencapai KLIA dan karena keterbatasan waktu kami pun belum sempat mencobanya & keluyuran di KLIA L

Secara garis besar saya sangat menyukai sistem transportasi umum di Kuala Lumpur. Tidak jauh berbeda dengan Singapura, moda trasnportasi umum di Kuala Lumpur pun sudah terintegrasi dengan baik satu sama lain sehingga sistem yang ada sangat mudah dipelajari bahkan oleh pendatang baru seperti kami. Hanya berbekal peta rute (sistem) transportasi, kita sudah bisa kemana-mana tanpa tersesat. Kalaupun sampai tersesat, carilah moda transportasi yang paling memungkinkan untuk mencapai KL Sentral. Nah, dari sana kita sudah bisa kembali ke jalan yang benar hehhehhee. Tinggal pilih mau menggunakan salah satu dari beberapa moda ransportasi diatas.

23 thoughts on “Sarana Transportasi Umum di Kuala Lumpur

  1. kalo disana pake bahasa apa? anda di hotel Sabrina Golden Palace? emm kalo mau naik bus/ lainnya harus beli tiket dimana selain di bandara? saya masih pemula dan saya masih bingung banget gimana caranya keliling transportasi di kuala lumpur :s

    1. dan saya bingung beli vouchernya dimana dapet petanya gimana, dan cara bolak-balik ke hotel gimana caranya? apa harus beli sebanyak-banyaknya voucher di bandara apa gimana ya :s please bales yaaaa

      1. Kalau untuk peta, bisa dapet dari penginapan biasanya. Mereka menyediakan kok, termasuk leaflet bus hop on hop off kalau mau keliling kota

    2. Seringnya pakai Bahasa Inggris, tapi yang sering ditemui kemarin, sebagian lebih suka kalau kita menggunakan Bahasa Indonesia.
      Kalau naik bus dari bandara, memang beli tiketnya di Bandara. Selain itu bisa beli di terminal2 spt KL Sentral atau Puduraya.
      Kalau mau keliling kota, pakai monorel/LRT/KTM/ atau bus hop on hop off bisa😀

  2. rekomendasi dong, kalo nginep di kl enaknya di daerah bukit bintang atau di kl city centre? (buat budget backpaker ini ya, hehe)
    trus kalo dari airport ke city centre itu ada bis khusus gt kan ya? nanti turunnya di mana? dkt2 situ ada hotel murah gak?

  3. Tergantung budget anda,saya nginep di tune hotel 4hari 3malam ,dgn fas 24jam kredit cuma 700rb.bis dari airport menuju ke kl cetre semua sutahuku.dari kl cetre anda bisa kemana saja sesuai keinganan

  4. Hai nana,
    Saya minggu depan ada ke malaysia via airasia. Saya pertama x ke malaysia. Rencana sy mau nginep daerah petaling street-chinatown. Ada rekomen hotel yg murah dan strategis?

    Kl dari airport ke petaling street, rekomen naik apa yah? Dan sistem pembayaran di sana bgm? Apakah sama spt sg dgn menggunakan ecard bisa semua access?

    Karena besok pagi nya, saya ada ke selangor. Kl dari petaling street ke selangor naik apa?

    Terima kasih sebelumnya🙂

    1. Legoland berada di Selatan Malaysia iaitu Johor, seelok2nya naik Bas di Terminal Bersepadu Selatan ( TBS ) atau Bandar Tasik selatan… di sana ada informasi maklumat untuk ke sana,,,,

  5. senang membaca artikel ini bisa menambah informasi. saya butuh informasi hostel lowest cost daerah sultan ismail, jika temn temn ada informasi please kasih tau saya coz mau petualang sendiri nih pertengahan maret ini. nurchamid109@yahoo.com matur thank you,,, hehehehe,,,,,,

  6. teteh terimakasih fyi. saya akan ke malaysia dibulan Agustus.
    Jakarta – kuala lumpur (pukul 10 – 6 sore) rekomendasi wisata kemana saja ? (sementara baru batu caves, twin tower). transportasi?

    karena pukul 19.40 flight ke singapore
    mohon bantuannya ya teh need info tentang wisata singkat malaysia
    bisa di bales via sms 089667420741

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s