Kotak Pos

DSC00751

Siang itu, saya dan adek sepupu berencana keluyuran di Surabaya. Kami ingin menikmati Surabaya dengan cara yang berbeda dari biasanya. Jika biasanya tujuan jalan-jalan kami adalah mall, kali ini tujuan kami adalah heritage site yang ada di Kota Surabaya. Daerah Jembatan Merah menjadi tujuan utama kami karena penasaran dengan kawasan ini. Itu adalah kali pertama saya tahu Jembatan Merah yang bersejarah 🙂 Dan ternyata, jembatan tersebut memang merah. Maksudnya pagar tepian jembatan sengaja diberikan warna merah.

Dari Jembatan Merah, kami lanjut berjalan kaki ke kawasan sekitarnya yang dipenuhi bangunan-bangunan kuno. Pada salah satu bangunan di ujung jalan tersebut, tidak sengaja kami menemukan kotak surat ini. Tertulis disana : Djl. Djembatan Merah 23. Surabaja. Kotak surat yang terbuat dari besi dan kayu ini berbeda dengan kotak surat pada umumnya. Tampilannya tampak usang dan ada beberapa bagian yang mulai terkelupas catnya. Tulisan dengan ejaan lama ditengahnya semakin menegaskan bahwa usia kotak surat ini sudah cukup tua.

Mungkin saja kotak surat kuno ini sudah terpasang disana sejak sebelum peristiwa 10 November 1945. Mungkin saja dia pernah menjadi saksi bisu sejarah kala itu. Mungkin saja …

Saya tidak sempat menanyakan tentang usia kotak pos ini pada penghuni rumah. Bisa saja kemungkinan itu salah, bisa juga benar. Tetapi pertemuan tidak sengaja dengan kotak pos ini berhasil membuat kami bernostalgia tentang perjuangan arek-arek Suroboyo di salah satu sudut kawasan yang tercatat dalam sejarah bangsa yang sampai sekarang diperingati sebagai Hari Pahlawan 10 November.

One thought on “Kotak Pos

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s