Kartu Pos & Postcrossing

Postcrossing … Banyak yang sudah kenal dengan postcrossing?

Sebenarnya saya sudah pernah sekilas tahu tentang postcrossing, hanya saja baru benar-benar paham setelah membaca postingan mas buzzerbeezz yang mengupas tuntas mengenai postcrossing 🙂 (yang ingin mengenal lebih dekat postcrossing ini, silahkan klik link tadi ya).

Kemarin, ketika berbincang-bincang santai dengan Dek Afad, saya bercerita tentang kartu pos dan postcrossing ini pada si adek dan ternyata dia tertarik. Malam harinya kami berdua mendaftar di postcrossing.com, mengikuti petunjuk dari mas Buzzerbeezz😀 Dan ketika merekuest untuk mengirim kartu pos sempat deg-degan, menunggu postcrosser dari negara mana yang terpilih untuk dikirimi kartu pos oleh kami. Hasilnya, Dek Afad akan mengirim 5 kartu pos ke : Hongkong, Jerman, Finlandia, Lithuania, dan Rusia. WOW! tentu saja kami sangat senang melihat hasilnya (yah walaupun kami berdua berharap bisa mengirim pada seseorang di Jepang).

Sederet rencana kami susun malam itu, mulai dari membeli kartu pos sampai konsep pesan yang akan kami tulis disana. Pada malam yang sama, saya juga bercerita pada Fretty tentang postcrossing yang seru ini, dan dia pun tertarik bergabung dengan kami disana. Resmilah kami bertiga menjadi newbie di postcrossing.com😀

Saya baru ingat, ternyata mbak Endah aka Liamenaz juga seorang postcrosser dan dia sudah sering mengirim dan menerima kartu pos dari berbagai negara di dunia. Ada banyak pertanyaan yang saya simpan untuk ditanyakan padanya. Dan ternyata … sebelum saya sempat bertanya, mbak Endah sudah lebih dulu menyapa kami dan berbaik hati menjelaskan banyak hal tentang postcrossing dan berbagi informasi yang kami butuhkan, seperti dimana kami bisa membeli kartu pos dan biaya berkirim kartu pos (perangko).

HootSuite - Google Chrome_2013-01-08_00-38-21

Langsunglah saya meluncur ke Periplus dan bingung mencari kartu posnya dimana *dicubit-cubit Fretty & mbak Endah*

Si Adek yang sangking antusiasnya sampai tidak sabar ingin segera mendapatkan kartu pos. Kami memutuskan untuk membeli di kantor pos kota saja. Di kantor pos Tuban, hanya tersedia kartu pos biasa tanpa gambar sama sekali😦

Saya dan adek sepakat untuk membuat sendiri kartu pos kami. Permasalahan selanjutnya adalah, koleksi foto kami sangat terbatas. Jadilah saya search di Mbah Gugel. Memang benar saya mendapat banyak gambar yang diinginkan, tetapi rasanya tidak enak jika harus “asal comot” gambar. Lalu, saya ingat ada 1 blog yang saya follow di wordpress dan itu memang blog khusus travelling, Simply Indonesia … Yattaaa! Saya menemukan banyak gambar yang eyecatching disana.

Saya SKSD memberanikan diri, sambil harap-harap cemas meminta ijin mengkopi dan menggunakan gambarnya untuk dicetak. Lalu terjadi perbincangan singkat diantara kami, dan hasilnya adalah Mas Bambang (sang empunya blog) memperbolehkan saya memakai gambar yang ada di blognya *langsung toss sama dek Afad*

Jadinya saya memakai 3 gambar dari blog Simply Indonesia😀

Setelah gambar terkumpul, saya pun mendesain *tsaahh, mendesain?* kartu pos dengan sangat sederhana, yaitu hanya menambahkan beberapa kalimat yang menjelaskan mengenai isi gambar. Maksudnya adalah supaya si penerima kartu bisa mengenal apa yang tertuang didalam gambar kartu pos, dan kalau dia masih penasaran, kan bisa nanya Mbah Gugel. Di Kartu pos juga saya sebutkan beberapa sumber (weblog) yang saya pakai gambarnya🙂

Semua gambar yang selesai diedit, kami susun di Corel Draw yang kemudian dibantu Om Tanan untuk menyetting dan mencetaknya😀 Taaarrrrraaaa, kartu pos kami sudah jadi dalam hitungan jam!

DSC05591

Setelah semua kartu pos selesai dipotong, Dek Afad tidak sabar segera mengisinya. Ternyata ini pengalaman baru untuknya. Katanya, dia deg-degan saat mulai menuliskan kata-kata didalam kartu pos ini. Dijaman yang serba cepat, cara manual seperti ini memang seru untuk dicoba ya? kita bisa merasakan “sensasi” deg-degan saat menunggu negara tujuan muncul dilayar, dan juga gembira sampai jingkrak-jikrak saat mendapatkan kiriman kartu pos dari belahan dunia yang lain. Sampai disini, mendadak saya teringat si mas Rendezvous yang memiliki hobi berkirim surat menggunakan perangko dijaman yang sudah canggih ini hihihihi

DSC05590

ini adalah salah satu negara yang akan dikirimi kartu pos oleh Dek Afad

DSC05599

Itu tulisan tangannya Dek Afad, jauh lebih bagus dari tulisan tangan mbak nya hihihihihi

Rencananya, hari ini saya akan mengirimkan kartu pos – kartu pos ini, semoga mereka sampai dengan selamat di negara tujuan dan kartu posnya diregister, supaya dek Afad juga bisa segera saling berkirim kartu pos dengan postcrosser-postcrosser yang lainnya.

Aamiin

Jadi, kapan kita bisa saling berkirim kartu pos?🙂

34 thoughts on “Kartu Pos & Postcrossing

  1. Dulu aku suka sekali koleksi kartu pos. Banyak juga kartu pos dari sodara yang kebetulan waktu itu masih aktif menjadi duta besar. Tetapi kebanyakan kartu pos baru, yang biasanya 1 set, masih kosong. Suka liat gambar-gambarnya dan desainnya. Belum pernah coba saling kirim ke orang. Sekarang koleksiku itu kemana ya? Baru-baru ini pernah coba koleksi lagi, tapi brenti lagi. Kayaknya patut dicoba lagi nih

    1. Terakhir megang kartu pos itu pas tahun 2004, waktu itu beli kartu pos dari pipihan kayu di daerah Prawirotaman. Tapi cuma dibeli aja sih, gak sampe dikirim & skrg ilang😦
      Ayooo mas Gebyar, kita kirim2an kartu pos, sama fretty juga & isi pesannya rahasia hihihihihi *tahasia yg tdk bisa diobrolkan di timeline*

    1. ini dia si mas fotografer & travelblogger kita😀
      Trimakasih ya mas Bambang untuk ijin pakai gambarnya …
      Gak sabar kartu pos-kartu pos tadi sampai di negara tujuan
      Insyaallah salamnya disampaikan ke adek

    1. kmi nyetak kartu posnya di percetakan digital, namanya “Cetak AP”. Jenis kertasnya semacam kertas untuk cetak foto (dove, bolak balik). Nah, untuk ukurannya saya agak lupa mbak, tapi selembar cetak AP bs dapet 9 kartu pos

Leave a Reply

