Terima kasih untuk 366 hari di 2012, dan selamat datang (insyaallah) 365 hari di 2013

366 hari di 2012 dapat terlalui dengan baik, dan alhamdulillah saya masih baik-baik saja sampai sekarang.

Seharusnya, kemarin waktu yang tepat memposting tulisan ini, tetapi karena mendadak terkenawriter’s block, jadinya baru sekarang memposting tulisan ini. Dan saya rasa, sekarang juga masih waktu yang tepat😀

2012, tahun kabisat yang menyenangkan lengkap dengan kenangan serta pembelajarannya. Di roller coaster tahun 2012, saya banyak berbagi senyum, tawa, juga cerita dengan teman-teman baik saya. Ada kalanya perjalanan roller coaster itu merangkak perlahan naik, stabil di rute yang mendatar, dan bisa secepat kilat meluncur ke bawah menuju titik terendah. Secara umum, perjalanan roller coaster saya di tahun ini berbeda dengan roller coaster tahun 2011, sedikit lebih kalem dan berirama, dan tahun ini saya menikmatinya dengan lebih banyak teman disekitar saya. Seru!🙂

Ada beberapa hal yang mengalami peningkatan dari sebelumnya, dan disaat yang sama ada beberapa hal juga yang mengalami penurunan, tapi semua itu kan pada akhirnya membuat kehidupan saya menjadi lebih seimbang, walaupun dengan cara yang berbeda. Tidak apa-apa …

Tahun 2011 saya masih seorang “amfibi”, dan tahun 2012 sepenuhnya saya resign dari ke-amfibi-an, mulai berusaha berdiri dan melangkah diatas kaki sendiri. Tentu saya pada awalnya saya sangat goyah, jatuh bangun dengan frekuensi yang ajaib, tapi semua pengalaman itu memberikan pelajaran. Beruntungnya, saya memiliki orang-orang hebat di sekitar yang selalu bersedia mengulurkan tangan untuk membantu supaya saya bisa melangkah dengan lebih seimbang, menunjukkan arah saat saya kebingungan, dan berbagi wacana saat saya merasa buntu. Alhamdulilllah …

Keputusan untuk sepenuhnya berniaga dengan Allah telah mempertemukan saya dengan banyak teman baru dengan berbagai latar belakang, frekuensi mengobrol online-offline saya pun meningkat drastis dari sebelumnya, dan kemudian saya sadari bahwa dengan banyak berbincang, saya akan lebih banyak tahu, dan ide-ide baru pun muncul. Benar kata pak guru, jika sedang bingung carilah teman untuk mengobrol😀

Tahun 2012 saya mengalami penurunan dalam hal membaca buku. Sebelumnya, saya berhasil membaca 20 buku selama tahun 2011, di 2012i saya hanya membaca beberapa buku yang masih bisa dihitung menggunakan jari dalam satu tangan. Oiya, saya juga tidak membuat satu pun review buku yang sudah saya baca tahun ini. Namun, ditahun yang sama saya mengalami peningkatan yang sangat pesat dalam menulis. Ya, saya sudah mempublish puluhan postingan yang jika dirunut sebagian besar isinya curhat semua :)) Tapi gak papa dog, hak prerogatif penulis & siempunya blog :p

Saya memiliki pengalaman yang menyenangkan dalam hal menulis di 2012. Berawal dari twitter, saya dan beberapa teman baik memulai 3 proyek menulis dengan 3 konsep yang berbeda. Proyek-proyek menulis ini diawali dengan ide sederhana, berbagi dan belajar. Ide-ide sederhana itu berhasil kami laksanakan dengan sangat baik sampai penghujung tahun (hayooo yang masih punya hutang, harap dibayar ya). Melalui proyek ini kami saling berkenalan, ini dikenalin si itu, si anu kenalan sama si inu, lalu kemudian saya, fretty, mbak Maya, Indah Faruk, Mas Gebyar, dan Mas Ules saling mengenal satu sama lain. Ketika 3 proyek menulis kami berakhir, Fretty melemparkan ide gila untuk melanjutkan proyek kami terdahulu. Kami siaaaaaapppppppp😀

Selain dipertemukan dengan orang-orang yang menyenangkan, untuk menyeimbangkan hidup Allah pun mempertemukan saya dengan orang yang menyebalkan supaya saya belajar bersyukur dan memaafkan. Peristiwa tidak mengenakkan hati itu pun semakin menyadarkan bahwa ketika ada seseorang yang membuat kita bersedih, disaat yang sama Allah mendatangkan banyak teman yang akan membuat kita tersenyum dan ceria kembali. Saya sudah membuktikannya! Terimakasih yaa untuk kalian-kalian yang sudah menemani berbagi cerita dan tawa *peluk satu-satu*

Di 2012, saya akhirnya berhasil melakukan reuni kecil-kecilan dengan teman-teman seperjuangan di Jakarta. Pertemuan singkat kami di PIM bulan Juli lalu berhasil menjadi tombo kangen sama arek-arek. Percakapan dan guyonan kami masih sama seperti dulu, saat kami masih menyandang NIM 01106600-xx … Selain mereka, saya akhirnya bisa bertemu langsung dengan teman-teman Plurker regional Jakarta, bertatap muka dengan orang-orang yang biasa disapa hanya melalui internet dan berkomunikasi melalui teks. Setelah kopdar waktu itu, bagi saya pribadi, rasanya level pertemanan kami naik satu tingkat lebih akrab dari sebelumnya. Menyenangkan🙂

“kata-katamu adalah doamu” Setelah 2011, saya membuktikannya, di 2012 saya pun berhasil membuktikannya sekali lagi :) Chit-chat snob bareng Ninda 2 tahun yang lalu, yang saat itu kami anggap sangat khayal untuk terwujud, ternyata secara ajaib berhasil kami realisasikan di 2012. Kami bersama melakukan perjalanan bersama ke tempat yang sebelumnya hanya ada dalam chatting-chatting penuh bualan dan khayalan. Yang lebih menyenangkan, kami tidak hanya berdua tetapi berenam. Waktu perkenalan yang cukup pendek antara sesama travelmate tidak menjadi masalah untuk kami. Yay!!!

Di 2013 mau ngapain aja?

Saya mau melakukan banyak hal keren ah😀 *Sok gaya banget sih Yan?*

Saya belum memiliki rencana jalan-jalan tahun ini, tapi bersiap jika ada rencana jalan-jalan dadakan.

Saya memiliki banyak rencana yang ingin diwujudkan tahun ini. Saya tahu tidak mudah, tapi bukan berarti tidak bisa. Saya tahu akan mengalami banyak jatuh bangun, tetapi disitu saya akan banyak belajar.

Seperti status yang pernah diposting teman saya, Mas Ebes : “Jika setiap doa pasti dikabulkan, kapan kita akan berusaha? Jika setiap usaha selalu berhasi, kapan kita akan berdoa?” ya begitulah kira-kira isi statusnya😀 *Maaf, kata2nya tidak sama plek dengan aslinya, tapi intinya sama*

2013, Bismillahirrohmanirrohiim …

Leave a Reply

