#CeriTo Ke-28

Pertama : Kami poetera dan poeteri Indonesia, mengakoe bertoempah darah jang satoe, tanah Indonesia.

Kedoewa : Kami poetera dan poeteri Indonesia, mengakoe berbangsa jang satoe, bangsa Indonesia.

Ketiga : Kami poetera dan poeteri Indonesia, mendjoendjoeng bahasa persatoean, bahasa Indonesia.

……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..

Isi teks sumpah pemuda memang dahsyat! Saya bisa membayangkan bagaimana bergemuruhnya semangat kebangsaan para pemuda saat mengucapkan Sumpah Pemuda bersama-sama pada tanggal 28 Oktober 1928. Pemuda-pemuda dari seluruh penjuru negeri yang berbeda pulau, bahasa, serta budaya berkumpul menjadi satu, mengucap janji untuk persatuan dan kesatuan bangsa. Sungguh gerakan pemuda saat itu luar biasa.

Kapankah hati kita tergetar ketika meyaksikan/mengalami hal-hal yang berkaitan dengan Indonesia?

Saya selalu trenyuh setiap kali menyaksikan upacara 17 Agustus di Istana Negara. Ada perasaan haru saat menyaksikan persiapan pengibaran bendera merah putih oleh Pasukan Pengibar Bendera. Saya melihat, putra-putri terbaik yang mewakili berbagai daerah di Indonesia kembali bergabung menjadi satu, mengibarkan bendera merah putih.

Lalu, saya pun juga terharu ketika berhasil menjejakkan kaki di perbatasan RI dengan Timor Leste di daerah Mota Na’in Kabupaten Belu Nusa Tenggara Timur. Perbatasan dan daerah di seberang gapura imigrasi dulunya adalah bagian wilayah RI yang kemudian memisahkan diri dari NKRI. Karena tidak membawa paspor, jadilah saya cukup puas sampai di perbatasan yang juga pernah digunakan untuk syuting film Indonesia Tanah Air Beta. Bagi yang pernah menonton film ini, mungkin akan memiliki pendapat yang sama, bahwa perbatasan ini adalah daerah perbatasan yang indah dan sangat disayangkan sebagian wilayah itu bukan lagi bagian dari Indonesia.

Berkeliling di daerah perbatasan membuat saya bersyukur memiliki Bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional karena saya jadi bisa berkomunikasi dengan masyarakat lokal, karena jika tidak saya pasti sudah mengalami “roaming” mendadak. Masyarakat yang tinggal di Pulau Timor sendiri memiliki 3 bahasa daerah dan satu pun tidak ada yang saya pahami.

Semoga penerus bangsa selalu memegang amanah Bung Karno tentang bangsa besar dan Jas Merah, sehingga selalu mengingat bahwa kondisi sekarang adalah hasil perjuangan para pendahulu serta nantinya tidak mudah terpengaruh konflik yang berpotensi memecah belah persatuan dan kesatuan NKRI.

Selamat hari Sumpah Pemuda🙂

6 thoughts on “#CeriTo Ke-28

  1. sama… saat 17 Agustus terutama saat pengibaran bendera… rasanya hati tergetar.. ok-lah.. sedikit lebay.. hehehehe..
    momen lain adalah ketika even-even olahraga.. misal nya sea games, AFC dsb.. rasanya saya kagum dengan para atlit-atlit yang mau berusaha mati-matian demi nama bangsa..

    1. Kalau dulu para pahlawan memperjuangkan bangsanya dengan bambur runcing dan berdarah-darah *tsaahh bahasaku*, klo sekarang anak bangsa memperjuangkan bangsanya melalui ide, prestasi,keringat, dan karya nyata

  2. Setuju, momen yang paling menggetarkan adalah ketika even-even olahraga, ketika berhasil meraih salah satu medali emas, perak ataupun perunggu. Momen lainnya adalah ketika anak bangsa ini berhasil dalam even olimpiade sains biologi, geografi, fisika atau matematika, atau apapun. Rasanya ikut bangga, apalagi ada cerita bahwa awalnya diremehkan, atau ada cerita juga duta-duta besar negara lain sampai melakukan “standing ovation”, merinding membayangkannya

    1. Waaahhh, iya! Standing ovation itu benar2 terasa menggetarkan walaupun saat itu kita “hanya” melihat dari layar kaca …
      Mendengarkan lagu Indonesia Raya dan merah putih berkibar saat atlet memperoleh medali emas, membuat kita yang menonton merasa bangsa berbangsa dan bertanah air indonesia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s