#CeriTo Ke-12

Bagi yang tinggal di daerah perkotaan, melihat anak-anak bermain sepakbola di jalanan kampung sangat sering kita jumpai dalam keseharian kan? Mereka yang tinggal di permukiman padat penduduk ini tidak lagi memiliki lahan untuk tempat bermain sehingga mereka memanfaatkan kondisi jalanan yang agak sepi untuk bermain sepakbola. “Pemandangan” ini tidak saya jumpai di daerah perdesaan karena anak-anak di desa masih memiliki lahan yang luas untuk tempatnya bermain termasuk lapangan, sawah, maupun tanah kosong.

12 tahun yang lalu, anak-anak dikampung saya masih memiliki lahan untuk mereka bermain sepak bola bersama teman-temannya. Sekarang, lahan itu sudah berubah menjadi kawasan bangunan bank swasta nasional yang cukup megah. Anak-anak di kampung kami harus puas bermain bola di sepanjang jalan kampung yang sempit dan siap menepi jika ada motor yang lewat. Jalanan kampung memang bukan tempat yang nyaman untuk anak-anak ini bermain.

Kira-kira, 12 tahun lagi apa yang akan terjadi dengan “lahan” bermain anak-anak di kampung kami ya?. mungkin saja pemandangan anak-anak bermain sepak bola sudah tidak bisa ditemukan lagi karena saat itu mungkin anak-anak sudah sibuk bermain dirumahnya masing-masing dengan mainannya masing-masing. Ya, mungkin saja …

Mumpung masih sempat, sore tadi saya berhenti sebentar melihat anak-anak ini bermain lalu mengabadikannya dalam gambar ini🙂

Siapa tahu, pemandangan anak-anak bermain bola di jalanan kampung nanti hanya akan tinggal cerita …

8 thoughts on “#CeriTo Ke-12

    1. Betul! karena waktu tidak akan kembali🙂 Jadi, selama masih sempat, tdk ada salahnya mengabadikan momen dalam gambar

  1. Ngga usah nunggu 12 tahun,murid-muridku banyak yang udah ngga kenal pengalaman main di luar rumah. Ada yang karena tinggalnya di dalam ruko (rumah toko) yang berpekarangan jalan dan lahan parkir, ada yang karena diiming-imingi PS dan video games, ada juga yang karena terlalu sibuk ikut les. Makanya,mereka senang berangkat ke sekolah, karena di sekolah mereka bisa main di area terbuka dengan teman-temannya.

  2. jadi ingat iklannya KB… mungkin suatu saat, untuk bermain bebas para anak-anak itu diharuskan membayar ya…
    kasian juga ya anak-anak masa depan itu…

  3. Mungkin kalau ramalan tentang kiamat kecil itu benar, manusia tinggal 1/3 dari sekarang, dan peradaban di-“reset”, anak-anak di masa depan akan bisa bermain di tempat yang lebih terbuka.

    1. Semoga nanti tetap ada ruang publik yang termanfaatkan dengan baik
      mnurut ramalan itu, betewe kiamat kecilnya kp ya kira2? @_@

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s