#CeriTo Kesepuluh

Siapa yang jarang sarapan? Saya!

Siapa yang tidak biasa sarapan? Saya!

Siapa yang malas sarapan? (lagi-lagi) Saya!

Iya, saya ini termasuk orang yang jarang, tidak biasa, dan cenderung malas untuk sarapan. Kenapa? Karena perut saya tidak bisa “mencerna” makanan dengan baik saat pagi hari. Dulu, ibuk selalu membiasakan kami untuk sarapan. Tetapi ketika menjadi anak kos selama di Malang, pola makan pagi saya berubah menjadi “2 in 1” dengan makan siang, sehingga perut akhirnya terbiasa menerima asupan makanan mulai jam 10 pagi keatas.

Sarapan sangat penting untuk kesehatan tubuh, tetapi saya sering menyepelekannya dengan alasan “ah! saya gak bakalan pingsan kalau tidak sarapan”, “kalau sarapan nanti perut mules”, “males ah jalan ke depan gang untuk beli sarapan”, dan alasan – alasan lainnya yang sebenarnya bisa dipatahkan semua.

Setelah sering membaca artikel kesehatan tentang pentingnya sarapan, saya jadi tahu bahwa sarapan memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan (kemana aja mbaaaaak??) diantaranya memenuhi nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh, meningkatkan kemampuan otak dan konsentrasi,  memelihara ketahanan tubuh, dan juga perlindungan terhadap penyakit jantung, serta masih banyak manfaat lainnya.

Saya ingin tetap sehat sampai nanti. Saya ingin tetap bisa beraktivitas dengan baik sampai nanti. Saya ingin bisa jalan-jalan lagi nanti. Karena itulah kesehatan harus dijaga, salah satunya dengan membiasakan diri sarapan kembali. Bukankah menjaga kesehatan adalah bagian dari perwujudan rasa syukur?🙂

Sebutir apel, setangkup roti, segelas air putih, dan teh hangat ternyata bisa menjadi menu yang “bersahabat” untuk perut di pagi hari, khususnya bagi saya yang sering mules jika makan sebelum jam 10 pagi.

Yuk, sarapan yuk😀

………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

Salah satu artikel yang saya baca : http://moomooblogs.wordpress.com/2012/05/07/manfaat-sarapan-dan-akibat-tidak-sarapan/

10 thoughts on “#CeriTo Kesepuluh

  1. Untung sudah sadar. Sarapan memang penting. Untuk yang sedang menurunkan berat badan (Fat Loss), meninggalkan sarapan malah akan meningkatkan resiko terjadinya kegemukan sebesar 4x (Harvard Men’s Health Watch).
    Sarapan yang baik terdiri dari karbohidrat kompleks dan protein. Karbohidrat kompleks akan memperlama waktu kenyang karena diserap tubuh dengan perlahan, begitu pula dengan protein, penting sebagai nutrisi esensial tubuh dan diserap tubuh secara perlahan. Kesalahan umumnya (di Indonesia) adalah sarapan dengan karbohidrat sederhana yang lebih besar dari protein dan lemak. Kalau tidak salah ingat, komposisi Karbo kompleks : Protein : lemak yang bagus adalah 30:40:30. Sedangkan di Indonesia karbo (bukan yang kompleks) biasanya sampai 50-60%. Lemak juga bukan lemak yang baik untuk tubuh. Dua butir telur dan segelas susu non fat sebenernya sudah cukup untuk sarapan. Dan untuk mempercepat metabolisme tubuh, lebih baik makan 5-6x dengan porsi kecil, daripada makan 2-3 x tetapi dengan porsi sangat besar.

    1. Karbohidrat komplek itu yang seperti apa klo dalam bentuk makanan? Biasanya sarapannya bubur ayam/ nasi kuning+telur/nasi pecel … Kira2 sudah memenuhi 30:40:30 apa belum ya? *belum gugling*

      1. iya betul mas, biasanya kebanyakan karbohidratnya karena identik dengan rasa kenyang. Kalo kenyang, jd tidak mudah lapar dan bisa konsentrasi …
        *meluncur ke link*

  2. aku juga.. sangat suka untuk tidak makan. bahkan bisa makan sekali sehari. *ini jangan ditiru*
    tapi klao udah kalap yaaaa.. bisa makan berkali-kali. #nasibanakkosan

    1. Apalagi pas kena APPK ya😉 makan pun sering lupa klo tidak saling mengingatkan. Sudah begitu, musti begadang pula. Benar-benar tidak sehat ya pola hidup kita dulu?

Leave a Reply

