#CeriTo Kelima

“Kita jadi bisa menulis dan membaca karena siapa
Kita jadi tau beraneka bidang ilmu dari siapa
Kita jadi pintar dididik pak guru
Kita bisa pandai dibimbing bu guru
Gurulah pelita penerang dalam gulita
Jasamu tiada tara…….”

Beberapa tahun lalu, saat masih SD, saya sering mendengarkan lagu di atas diputar di TVRI. Lagu yang singkat tetapi sarat makna. Biasanya lagu ini berhasil membuat mata berkaca-kaca saat dinyanyikan saat perpisahan murid.

Saya tidak setuju ketika ada yang berkata :

“enak ya jadi guru TK, tugasnya begini begitu. lebih enak daripada guru SD apalagi guru SMA”,

“Enakan jadi guru SD ah, ngajarnya gak sesusah guru SMP atau SMA”

“Paling enak tuh guru SMA, gak perlu mengajari dari awal”, dan komentar-komentar lainnya.

Guru memiliki tingkatan kesulitan dan tantangan yang berbeda dalam setiap jenjang pendidikan tempat beliau mengajar, baik TK, SD, SMP, maupun SMA, ohiya juga jenjang perkuliahan. Menjadi guru adalah tugas mulia dan itu bukan pekerjaan yang ringan. Butuh kesabaran, ketelatenan, serta hal-hal lainnya yang diperlukan untuk menjadi seorang guru. Perkara pandangan tentang pekerjaan sebagai guru adalah pekerjaan yang menyenangkan atau tidak, itu kembali lagi pada masing-masing orang.

Dan Fretty, adalah seorang guru yang sangat menikmati profesinya sebagai guru. Saya yang sering menyimak ceritanya pun jadi turut merasakan betapa passion dia dalam mengajar sangat tinggi, dan menjadi guru itu menyenangkan. Ayo ayo ayo para guru yang masih sering mengeluh, kenalan gih sama Fretty😉

Dari twit Fretty inilah, saya baru tahu kalau ternyata hari ini adalah Hari Guru Internasional😀

Selamat hari guru untuk para guru, semoga semakin menginspirasi dan menebar manfaat serta berhasil mencerdaskan anak bangsa😀

 

10 thoughts on “#CeriTo Kelima

  1. Hwaaaaaaaaaaaaa…jadi terharuuuuuuuuu!! Thanks for writing about me and my profession, Diaaaaaaaaaaaaan!😀
    Dan sebagai orang yang pernah ngalamin ngajar dari level TK sampe bapak-bapak, dengan ini saya menyatakan bahwa yang paling enak adalah kerja jadi guru “bahasa kalbu”, apapun levelnya. *ditimpuk pake perahu* ^_^

    Benar kata Dian, tiap level punya kesulitannya masing-masing dan kelebihannya masing-masing juga. Jadi guru TK bisa nyanyi-nyanyi, tapi ngasih instruksi ke anak TK lebih susah dibandingkan ke murid level lain karena kemampuan dan pengetahuan mereka masih dasar banget. Ngajar orang dewasa enak karena instruksi tinggal kita suruh baca aja, tapi orang dewasa udah banyak pengetahuannya, jadi kalau sampe salah ngomong, oh…oh…!! ^_^

    1. Guru Bahasa Kalbu???? *Timpuk pake nekeran*
      Tararengkyuuu juga yaa Fret, jadi tahu kalo sekarang Hari Guru Internasional (Hugs)

      Hohohohohohoiya, kalau ngajar orang dewasa apalagi beliau2nya lebih senior dari kita, musti pinter2 ngomong dan juga terkadang harus menyesuaikan dengan mereka cara mengajarnya.

  2. Hidup Pretih ….
    Hidup Guru di manapun berada. Berbagi ilmu memang menyenangkan. Setiap orang adalah guru, sekaligus murid minimal bagi dirinya🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s