#CeriTo Kedua

Pagi ini saya memulai aktivitas di laptop dan menemukan “keriuhan” di timeline lapak sebelah. Banyak tagar yang muncul dengan tema yang sama : #HariBatik #BatikDay #LoveBatik #CintaBatik dan tagar lainnya yang bertema batik. Ada beberapa teman yang sibuk membahas tentang batik, baik sejarahnya, motif-motifnya, sampai dengan kebingungan memilih baju batik yang akan dikenakan hari ini.

Oh! Ternyata hari ini Hari Batik?🙂

Batik, selain memiliki motif yang kaya dan berbeda di setiap daerah, juga memiliki teknik pembuatan yang bermacam-macam. Berdasarkan teknik pembuatannya, batik pun dibedakan menjadi : batik tulis, batik colet, dan batik cap. Harga yang ditawarkan juga bervariasi tergantung motif, jenis bahan, dan juga proses pewarnaan.

Sebagai pengguna batik, pernah saya menautkan alis saat mendengar harga batik yang sangat mahal, padahal bahan yang dipakai adalah bahan standar (bukan kain tenun). Ternyata setelah belajar membatik dan merasakan “susah”nya menggambar motif batik pada selembar kain menggunakan canting dan lilin, yang kemudian dilanjutkan dengan beberapa proses lanjutan yang cukup memakan waktu dan tenaga, barulah saya paham dengan harga batik yang kadang tidak bersahabat dengan kantong.

Gambar

Selamat Hari Batik Nasional ^___^

Oiya, hari ini saya memakai rok batik Solo, kalau kamu?

4 thoughts on “#CeriTo Kedua

  1. Gara-gara sekolah lupa memberi instruksi berbatik hari ini, akhirnya saya hanya mengenakan sebuah syal bermotif batik sebagai bandana. Itupun tak bertahan lama, saya keburu ngga betah dan mencopot bandana itu setiba di sekolah. Hidup batik!😛

  2. Sayangnya saya hanya di rumah saja hari ini, dan tidak punya kaos oblong bermotif batik. Siapa yang mau beri saya kaos batik? Silahkan, akan saya terima dengan senang hati riang gembira🙂

Leave a Reply

